Hari Lahir Pancasila, Khofifah Ajak Gotong Royong Lewati Pandemik

Berpesan kepada masyarakat agar tidak egois

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat agar menjadikan Hari Lahir ke-75 Pancasila sebagai momen membangkitkan semangat persatuan, kesatuan, dan gotong royong di tengah pandemik COVID-19.

"Dalam situasi darurat seperti ini tidak boleh egois, hanya memikirkan diri sendiri dan kepentingan pribadi dan kelompok. Kita semua bersaudara, kita semua juga mau situasi darurat ini segera usai," ujarnya usai mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual, Senin (1/6).

1. Jika tetap kedepankan ego pribadi, kurva kasus COVID-19 tetap akan naik

Hari Lahir Pancasila, Khofifah Ajak Gotong Royong Lewati PandemikIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Khofifah mengakui, pandemik COVID-19 menguji persatuan serta kesolidan masyarakat. Misalnya seperti solid dan kompak untuk menahan diri di rumah saja agar penularan tidak semakin luas. Tapi, lagi-lagi ego pribadi masih terasa.

"Jika tetap mengedepankan ego pribadi, maka dapat dipastikan pandemik ini sulit berakhir lantaran kurva pasien positif Covid-19 masih terus merangkak naik," katanya.

"Seluruh rakyat Indonesia, bahkan dunia tidak terkecuali merasakan dampak dari adanya pandemi ini," lanjut Khofifah.

2. Ajak utamakan solidaritas

Hari Lahir Pancasila, Khofifah Ajak Gotong Royong Lewati PandemikGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat menggelar konferensi pers di gedung Grahadi, Sabtu (18/4). Dok.IDN Times/Istimewa

Maka dari itu, mantan menteri sosial ini meminta pihak-pihak yang mampu agar turut membantu sesama masyarakat yang membutuhkan bantuan. Solidaritas harus diutamakan tanpa melihat pembatasan ras, budaya, daerah, suku, dan agama.

"Corona tidak pilih-pilih akan menjangkiti siapa. Artinya siapapun bisa terinfeksi corona. Ayo, saling bahu-membahu mengatasi persoalan ini. Beberapa kali sudah pernah saya sampaikan, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Kita harus kerja keras bergotong royong," tuturnya.

Baca Juga: Hari Lansia Nasional, Khofifah: Lindungi dari COVID-19

3. Dengan gotong royong bisa lewati krisis pandemik

Hari Lahir Pancasila, Khofifah Ajak Gotong Royong Lewati PandemikGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. IDN Times/Fitria Madia

Lebih lanjut, menurutnya semangat gotong royong adalah intisari dari Pancasila. Semangat kebersamaan dan solidaritas sosial khas Indonesia ini adalah bagian dari ruh Indonesia sebagai bangsa.

"Tunjukkan kepada dunia, bahwa dengan gotong royong Indonesia bisa melewati krisis ini dengan mudah," ucapnya.

Baca Juga: Konflik Khofifah Vs Risma Dapat Kritik Pedas dari Mahasiswa

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya