Hari Ketiga Pencarian 5 ABK Nihil, Tim Penyelam Alami Kendala Ini

Ada kemungkinan korban terbawa arus

Surabaya, IDN Times - Lima Anak Buah Kapal (ABK) Tugboat (TB) Mitra Jaya XIX masih dalam pencarian setelah dipastikan hilang akibat kapal yang ditumpanginya tabrakan dengan KM Tanto Bersinar di Perairan Gresik, Sabtu (23/1/2021) lalu. Kini pencarian telah memasuki hari ketiga, Selasa (26/1/2021). Sayangnya belum membuahkan hasil.

1. Tim penyelam belum bisa masuk ke kapal TB Mitra Jaya XIX yang tenggelam

Hari Ketiga Pencarian 5 ABK Nihil, Tim Penyelam Alami Kendala IniDokumentasi Istimewa

Dalam laporan yang diterima IDN Times, tim penyelam yang dikirim oleh Kantor SAR Surabaya mengalami kendala untuk bisa masuk ke kapal TB Mitra Jaya XIX yang terbalik. Padahal, kapal tersebut sudah ditarik ke perairan yang lebih dangkal di dekat Pelabuhan Ketapang, Kabupaten, Sampang, Madura.

"Tim selam masih kesulitan masuk ke dalam kapal karena pintu utama (kanan) masih terkunci dari dalam. Kuncinya berbentuk slot," ujar Dirpolairud Polda Jatim, Kombes Pol Arnapi yang juga terus memantau proses pencarian dan evakuasi.

Sementara pintu yang terbuka di sisi kiri ruang utama telah rata dan berada di dasar laut sehingga juga tidak bisa dibuka. Tak hanya itu, jarak pandang di dalam air hanya satu meter karena lumpur naik ketika gelombang naik.

"Di dalam kapal juga banyak benda-benda terapung yang juga terjebak di dalam," kata dia.

Baca Juga: Hoaks Kasdim Gresik Meninggal, Polres Gresik Mulai Periksa Saksi

2. Tim gabungan koordinasi dengan Syahbandar untuk beberapa opsi tindakan

Hari Ketiga Pencarian 5 ABK Nihil, Tim Penyelam Alami Kendala IniIlustrasi Kapal Tenggelam (IDN Times/Arief Rahmat)

Ditpolairud Polda Jatim yang juga masuk dalam tim evakuasi, lanjut Arnapi, sekarang ini sesang berkoordinasi dengan pihak Kesyahbandaran. Mereka meminta pemilik TB Mitra Jaya XIX agar menyediakan peralatan untuk membalikkan kapal dalam posisi normal atau menyediakan kapal crane untuk mengangkat dan menggeser tugboat nahas tersebut.

"Opsi lain, melakukan pengelasan bawah air untuk membuka pintu," tambah Arnapi.

3. Ada kemungkinan korban terbawa arus

Hari Ketiga Pencarian 5 ABK Nihil, Tim Penyelam Alami Kendala IniDokumentasi Istimewa

Selain melakukan penyelaman ke kapal TB Mitra Jaya XIX yang tenggelam, tim gabungan tak tinggal diam. Mereka juga melakukan penyisiran di perairan sekitar kecelakaan untuk mencari kelima ABK malang itu. Sebab, ada kemungkinan korban terbawa arus, bukan terjebak di dalam tugboat.

"Penyisiran juga terus dilakukan di sekitar perairan," pungkasnya.

Baca Juga: Kapal Terbalik Usai Tabrakan di Perairan Gresik, 5 ABK Hilang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya