Hampir Separuh Jalan, Apakah Warga Jatim Puas dengan Khofifah?

Kalian puas gak rek?

Surabaya, IDN Times - The Republic Institute merilis survei terbarunya pada Senin (11/10/2021). Survei ini melibatkan 1.225 responden yang memiliki hak pilih pada Pemilu 2018 lalu. Hasilnya, menunjukkan angka kepuasan 82,8 persen kepemimpinan Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

1. Responden puas dengan kinerja Pemprov

Hampir Separuh Jalan, Apakah Warga Jatim Puas dengan Khofifah?Direktur The Republic Institute, Sufiyanto. Dok. Pribadi.

Direktur The Republic Institute mengatakan, survei ini dilakukan pada 1 - 13 September 2021 dengan metode multistage random sampling, margin error 2,8 persen. "Dari hasil survei kami, kepuasan masyarakat Jatim terhadap kinerja gubernurnya yaitu Ibu Khofifah adalah 82,8 persen," ujar Sufiyanto.

"Kepuasan itu menyangkut apa yang dirasakan masyarakat dari kinerja pemerintah  jadi tak cukup hanya melihat tapi dirasakan. Dan ternyata nilainya tinggi," dia melanjutkan.

2. Kepuasan terbaik di bidang pendidikan

Hampir Separuh Jalan, Apakah Warga Jatim Puas dengan Khofifah?Hasil riset The Republic Institute. Dokumentasi The Republic Institute

Tingkat kepuasan kinerja, sambung Sufiyanto, dilihat dari beberapa indikator. Tingkat kepuasan tertinggi masyarakat dari kinerja Pemprov Jatim tersaji dalam data evaluasi pembangunan terbaik. Pembangunan pendidikan mencapai 20,4 persen.

Lebih lanjut, pembangunan kesehatan sebesar 16,4 persen dan  pembangunan di bidang infrastruktur sebesar 16,1 persen. "Yang kita lihat di sini, masyarakat menilai bahwa pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur di Jatim sangat bisa dirasakan," kata Sufiyanto.

3. Ada beberapa catatan untuk penguatan peluang kerja

Hampir Separuh Jalan, Apakah Warga Jatim Puas dengan Khofifah?Hasil riset The Republic Institute. Dokumentasi The Republic Institute

Selain itu, dalam survei The Republic Institute juga menyajikan beberapa masukan dari masyarakat. Pertama adalah sektor kesempatan kerja sebesar 22,5 persen, perbaikan harga produk komoditas 13,7 persen, dan pelayanan kesehatan sebesar 12,7 persen.

"Jika dilihat secara keseluruhan kepuasan masyarakat Jatim nilainya 82, kalau kuliah itu sudah nilai A. Ya nilainya sangat baik," tegasnya.

Baca Juga: Khofifah Sebut 6 Daerah Jatim Level 1, Tapi di Inmendagri Nihil

4. Sebut peluang Khofifah jadi capres 2024

Hampir Separuh Jalan, Apakah Warga Jatim Puas dengan Khofifah?IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Survei kali ini juga memotret peluang-peluang para tokoh dalam bursa calon presiden tahun 2024 mendatang. Para responden menilai bahwa capres dengan popularitas terkuat adalah Prabowo Subianto 98,8 persen. Disusul Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa 97,8 persen.

"Namun jika dilihat antara Prabowo dan Khofifah, tingkat liketabilitasnya lebih besar Khofifah. Liketabilitas Khofifah 81,2 persen sedangkan Prabowo 57,1 persen, sebagai capres," pungkas dia.

Baca Juga: Khofifah Minta Swasta Gandeng UMKM Difabel, Pemprov Siap Bantu Modal

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya