Comscore Tracker

Gempa Landa Lumajang dan Pacitan Pagi Ini

Stay safe semua

Surabaya, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan kurang dari magnitudo 5 mengguncang Jawa Timur (Jatim). Kali ini, pusat gempa berada di sekitaran Lumajang. Namun belum diketahui secara rinci, apakah gempa berkaitan dengan peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Semeru.

1. BMKG Juanda sebut gempa magnitudo 3,3 sekitar pukul 07.10 WIB

Gempa Landa Lumajang dan Pacitan Pagi IniIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Berdasarkan informasi yang disiarkan Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda di Twitter resminya, gempa terjadi di 135 kilometer barat daya Lumajang. Kekuatan gempa magnitudo 3,3 dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa ini sendiri terjadi sekitar pukul 07.10 WIB.

2. BMKG tak keluarkan peringatan dini tsunami

Gempa Landa Lumajang dan Pacitan Pagi IniIlustrasi tsunami (IDN Times/Mardya Shakti)

Terkait dampak gempa di Lumajang, Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto masih belum mendapatkan keterangan lebih rinci. Namun yang jelas gempa tersebut berpusat di laut, kekuatannya kurang dari magnitudo 5, sehingga tidak terasa di permukaan. BMKG juga tidak mengeluarkan peringatan dini tsunami.

3. Gempa magnitudo 2,5 juga terjadi di Pacitan

Gempa Landa Lumajang dan Pacitan Pagi IniIlustrasi (IDN Times/Rahmat Arief)

Selain di Lumajang, gempa bumi juga terjadi pagi ini di 120 kilometer di laut barat daya Pacitan. Kekuatan gempa sekitar magnitudo 2,5 dengan kedalaman 25 kilometer. Gempa tersebut mengguncang sekitar pukul 08.27 WIB. BMKG juga tidak mengeluarkan peringatan dini tsunami akibat gempa ini.

Baca Juga: Kabupaten Kediri Kirim Ratusan Kilogram Sambel Pecel ke Lumajang

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya