Duh! Jemaah Haji Bojonegoro Ada yang Bawa Pancing

Angel wes! Golek spot mancing kok sampek teko Makkah

Surabaya, IDN Times - Sejumlah barang Calon Jemaah Haji (CJH) asal Bojonegoro disita petugas ketika masuk Asrama Haji Surabaya. Barang bawaan yang disita tersebut dianggap tidak sesuai aturan yang diizinkan untuk ibadah haji. Di antaranya adalah joran pancing.

1. Ada yang bawa pancing, rokok dan power bank

Duh! Jemaah Haji Bojonegoro Ada yang Bawa PancingBarang bawaan CJH Bojonegoro yang disita petugas Asrama Haji Surabaya. Dok. PPIH Surabaya.

Berdasarkan data yang dihimpun IDN Times, barang yang disita oleh petugas dari jemaah haji di antaranya ada pancing. Pancing tersebut dikemas dalam sebuah pipa yang dimodifikasi sedemikan rupa. Alat pancing ini disita dari jemaah haji asal Bojonegoro kloter 2.

Selain satu set perlengkapan pancing, petugas juga menyita rokok bawaan jemaah yang melebihi jumlah. Lalu juga ada power bank yang melebihi daya. Rokok dan power bank ini disita dari jemaah haji asal kloter 3.

"Ada regulasi yang membatasi jumlah rokok yang boleh dibawa para jamaah haji, yaitu maksimal 200 batang atau 2 slop saja," ujar, Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, Husnul Maram, Senin (6/6/2022).

Baca Juga: Wapres RI Berangkatkan Kloter Satu CJH Jawa Timur

2. Barang sitaan boleh diambil sepulang haji

Duh! Jemaah Haji Bojonegoro Ada yang Bawa PancingIlustrasi jemaah haji. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Barang sitaan, kata Maram, diamankan petugas Asrama Haji Surabaya. Selanjutnya akan diserahkan kepada petugas haji daerah masing-masing, dan dapat diambil pemilik ketika pulang dari Tanah Suci. Pria yang juga menjabat Kepala Kanwil Kemenag Jatim ini mengimbau CJH untuk mematuhi aturan.

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa ada beberapa barang yang sama sekali tidak boleh masuk ke Arab Saudi seperti barang atau obat yang tidak jelas komposisinya. “Biasanya obat tradisional yang kemasannya tidak permanen, tidak ada komposisinya, rentan sekali untuk menimbulkan permasalahan,” kata Maram.

3. Obat dan multivitamin dengan jumlah wajar boleh dibawa

Duh! Jemaah Haji Bojonegoro Ada yang Bawa PancingBarang bawaan CJH Bojonegoro yang disita petugas Asrama Haji Surabaya. Dok. PPIH Surabaya.

Sedangkan obat-obatan dan multivitamin yang merknya terdaftar di BPOM masih bisa masuk Saudi, sepanjang dibawa dalam jumlah yang wajar. "Kalau bawa Tolak Angin, Parasetamol, Ibuprofen atau obat-obatan untuk mengurangi nyeri dan jumlahnya tidak banyak, tidak masalah," ucap dia.

“Misalkan kita bawa multivitamin sebatas dua atau tiga strip tidak masalah, kalau lebih dari 50 strip ini yang masalah," dia menambahkan. "Kita, di setiap pembekalan manasik haji selalu mengingatkan jamaah terkait barang bawaan ini,” pungkas Maram.

Baca Juga: CJH Asal Bojonegoro, Doa di Tanah Suci untuk Kesembuhan Anak  

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya