Ditangkap di Jakarta, Polisi Bawa Satu Muncikari ke Surabaya

Satu jaringan dengan muncikari yang sudah ditangkap

Surabaya, IDN Times - Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) memastikan satu tersangka jaringan prostitusi daring artis dan model ditangkap di Jakarta. Hal ini disampaikan langsung oleh Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, saat di Kantor Humas Mapolda Jatim, Selasa (15/1).

 

1. Satu terduga tersangka sedang dibawa ke Surabaya

Ditangkap di Jakarta, Polisi Bawa Satu Muncikari ke SurabayaIDN Times/Fitria Madia

 

Barung mengatakan bahwa satu terduga tersangka itu sedang dibawa oleh polisi dari Jakarta ke Surabaya. Satu orang ini merupakan jaringan muncikari ES (37) dan TN (28) yang sudah ditahan di Mapolda Jatim sejak 5 Januari 2019. "Ini nanti bisa membuka tabir (fakta) terkait jaringan prostitusi online," ujarnya kepada para awak media.

2. Ada yang masih dalam pengejaran

Ditangkap di Jakarta, Polisi Bawa Satu Muncikari ke SurabayaPixabay/Luctheo

 

Barung menambahkan, untuk tersangka lainnya masih berada di kawasan Jakarta dan Bandung. Namun, ia enggan membeberkan identitas terduga muncikari yang baru ditangkap ini. "Yang pasti masing-masing muncikari berkaitan satu sama lain, saling tukar melayani pelanggan," katanya.

3. Muncikari saling barter informasi

Ditangkap di Jakarta, Polisi Bawa Satu Muncikari ke SurabayaIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Pria dengan tiga melati emas di pundak ini juga membeberkan peran dari muncikari saat memasarkan artis dan model. Para muncikari saling berkoordinasi satu sama lain, dengan cara barter informasi dalam penjualan jasa seks komersial. "Ada teman-temannya, keterangan (tersangka) tidak memiliki bos tapi koordinasi," ucap Barung.

Baca Juga: Muncikari Prostitusi Daring Klaim Para Artislah yang Minta Dipasarkan

4. Muncikari gunakan jaringan, medsos dan mulut ke mulut

Ditangkap di Jakarta, Polisi Bawa Satu Muncikari ke SurabayaPexels/Pixabay

 

Sementara untuk menawarkan jasa penyedia layanan seks, para muncikari jaringan artis dan model ini disebutkan Barung memiliki jaringan yang kuat. "Mereka gunakan jaringan, dari medsos (media sosial) juga dan dari mulut ke mulut," bebernya.

5. DPO terduga muncikari lebih dari 2 orang

Ditangkap di Jakarta, Polisi Bawa Satu Muncikari ke SurabayaIDN Times/Fitria Madia

 

Sebelumnya, Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan kalau Daftar Pencarian Orang (DPO)  tersangka muncikari tidak hanya dua orang. Dia menyebut ada beberapa yang terus dikejar. Sebab, temuan terbaru menyatakan bahwa yang memfasilitasi artis VA ada enam muncikari.

"Ada di Jakarta, yang jelas sudah ini (tangkap) kita. Bisa lebih dari 2 (terduga muncikari), lebih nanti kita pilah," kata Luki, Senin (14/1).

Baca Juga: Penyidikan Muncikari Prostitusi Online, Polda Jatim Panggil 6 Orang 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya