Comscore Tracker

Disnak Jatim Ajak Tujuh Sentra Ayam Gelar Gerakan Makan Telur Bareng

Yang gak makan telur, tenggelamkan

Surabaya IDN Times - Pemerintah provinsi (pemprov) melalui dinas perternakan (disnak) memastikan telur ayam di Jawa Timur (Jatim) aman dikonsumsi. Kepala Disnak Jatim, Wemi Niamawardi pun mengeluarkan edaran untuk seluruh dinas dan tujuh sentra ayam petelur di Jatim menggelar gerakan makan telur.

1. Tegaskan telur di Jatim aman

Disnak Jatim Ajak Tujuh Sentra Ayam Gelar Gerakan Makan Telur BarengGerakan makan telur bersama di Sidoarjo, Kamis (21/11). Dok. Disnak Jatim.

 

Gerakan ini dilakukan sebagai wujud meyakinkan masyarakat bahwa telur yang dikelola tujuh sentra ayam petelur Jatim tidak beracun alias tidak mengandung dioksin tinggi. Maka dari itu, pemprov ingin warganya tidak khawatir makan telur.

“Kita gelar gerakan makan dan saya sudah membuat surat edaran bahwa telur di walayah masing-masing aman," ujar Wemi.

2. Digelar di Sidoarjo hingga Blitar

Disnak Jatim Ajak Tujuh Sentra Ayam Gelar Gerakan Makan Telur BarengIlustrasi telur. unsplash.com

 

Tujuh sentra ayam yang diminta menggelar gerakan makan telur bersama diantaranya; Sidoarjo, Malang, Pasuruan, Kediri, Tulungagung, Magetan dan Blitar. Wemi tidak menampik, ajakan ini merupkan respons hasil riset IPEN, Ecoton, Nexus3 dan Arnika.

"Meng-counter bahwa ayam tidak ada racun dan tidak mengandung dioksin dengan melakukan gerakan makan telur ayam bersama,” kata Wemi.

3. Dinas juga menggelar gerakan makan telur ayam

Disnak Jatim Ajak Tujuh Sentra Ayam Gelar Gerakan Makan Telur Barengpixabay.com/couleur

 

Terkait gerakan makan telur bersama di kalangan dinas, Wemi menyebut sudah digelar sejak Senin (18/11). Yakni melibatkan Dinas Pertanian Jatim dan 10 Unit Pelaksana Teknis (UPT).

"Kegiatan tak hanya diikuti oleh karyawan dinas saja, tapi harus diikuti pula oleh masyarakat serta para peternak untuk sama-sama menjamin keamanan dari hasil peternakan yang dilakukan sesuai standar," terangnya.

4. Pastikan penelitian tidak mengacu pada ayam petelur tapi ayam kampung

Disnak Jatim Ajak Tujuh Sentra Ayam Gelar Gerakan Makan Telur BarengAsap tampak mengepul di Desa Tropodo, Kecamatan Krian, Sidoarjo. IDN Times/Enggal Hendy Wardhana

 

Terkait hasil penelitian yang sempat viral, Wemi menegaskan telur yang diteliti bukan dari sentra peternak tapi ayam kampung. Maka dari itu, penelitian itu tidak bisa dibuat acuan bahwa seluruh telur di Jatim beracun.

"Nah yang dikonsumsi di Jatim adalah ayam ras petelur yang memeiliharanya secara intensif di kandang. Semua dipantau, kemudian pakan memenuhi standar," pungkas Wemi.

Baca Juga: Geger Telur Jatim Beracun, Pemkot Pastikan Telur Surabaya Aman

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You