Dipecat dari Hotel, Mantan Chef Ini Bikin Kue Sehat di Surabaya

Yuyun pakai bayam dan wortel untuk kuenya

Surabaya, IDN Times - Yuyun Mardojo tampaknya tak mau terpuruk di tengah pandemik COVID-19. Setelah menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) salah satu hotel di Bali, mantan chef ini langsung membuat Usaha Kecil Menengah (UKM).

Memiliki keahlian di bidang kuliner, Yuyun membuat UKM kreasi kue sehat berbahan dasar sayuran. Kreasi Yuyun ini dipamerkan di Stan UKM Binaan TJSL PT SIER dalam acara Jatim Fair 2021. Ia pun bercerita ide yang digagas mengenai UKM miliknya.

1. Memulai bisnis 2020 di Bali, tidak laku dibawa pulang ke Surabaya

Dipecat dari Hotel, Mantan Chef Ini Bikin Kue Sehat di SurabayaKue sehat milik Yuyun yang dipamerkan di Jatim Fair 2021. Dokumentasi Istimewa

Yuyun memulai bisnisnya sejak 2020. Awalnya dia menjual kue kreasinya di Bali setelah di-PHK, tetapi respons pasar kurang bagus karena selama pandemik, ekonomi di Bali sangat terpuruk. Kondisi ini membuat dirinya nekat pulang ke Surabaya untuk berjualan kue sehat tersebut.

"Setelah saya coba setahun lewat penjualan online di Instagram @oemahlegitdps, saya melihat orang sudah mulai mengenal, karena tadinya apa sih carrot cake, tapi setelah mereka mencoba orang juga banyak yang suka," ujarnya, Sabtu (9/10/2021).

2. Pilih komposisi sehat dan mudah

Dipecat dari Hotel, Mantan Chef Ini Bikin Kue Sehat di Surabaya

Sayuran yang dipakai Yuyun dalam kue sehat miliknya ialah bayam dan wortel. Dia mengaku ingin mengedukasi bahwa sayuran bisa diolah menjadi kue yang enak. Bahkan, kue ini bisa meningkatkan nafsu makan anak-anak yang tidak suka sayur.

Selain itu, Yuyun juga menaruh harap kepada keluarga untuk memilih makanan sehat agar kondisi tubuh bisa tetap terjaga. "Saya optimis kreasi kuliner ini akan mendapat tempat di hati konsumen," kata dia.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kue Putri Mandi Taro, Kue Tradisional Rasa Kekinian

3. Pameran akan digelar sejak 8-12 Oktober 2021

Dipecat dari Hotel, Mantan Chef Ini Bikin Kue Sehat di SurabayaKue sehat milik Yuyun yang dipamerkan di Jatim Fair 2021. Dokumentasi Istimewa

Sementara itu, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan Jatim Fair tahun ini digelar secara hybrid mulai 8-12 Oktober 2021. Selain UKM milik Yuyun, ada total 172 booth yang disediakan. Jatim Fair ini sendiri menjadi bagian dari dukungan Pemprov Jatim kepada para pelaku usaha.

“Untuk itu Pemprov Jatim terus berkomitmen mendorong dan memfasilitasi  UMKM Jatim. salah satunya melalui partisipasi kegiatan Jatim Fair ini untuk mempercepat pemulihan ekonomi,” katanya.

Baca Juga: 9 Adu Gaya Pamer Tato Chef Arnold, Chef Renatta, dan Chef Juna  

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya