Dinkes Tegaskan Pengobatan Ningsih Tinampi Bukan Pelayanan Kesehatan

Sopo sing sering ndelok YouTube-e rek?

Pasuruan, IDN Times - Pengobatan Ningsih Tinampi di Desa Karang Jati, Pandaan, Pasuruan terus dibanjiri pasien. Dalam akun YouTube-nya, Ningsih acap kali memperlihatkan caranya mengobati pasiennya yang tak lazim. Mulai dari berbicara dengan makhluk halus atau gaib, hingga beberapa hal mistik lainnya.

Merujuk pada hal tersebut, Dinas Kesehatan Jatim pun melakukan inspeksi mendadak (sidak) pekan lalu.

1. Pengobatan Ningsih Tinampi tidak masuk dalam dua kategori pelayanan kesehatan

Dinkes Tegaskan Pengobatan Ningsih Tinampi Bukan Pelayanan KesehatanIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Usai sidak, Kepala Dinas Kesehatan Jatim Herlin Ferliana menegaskan bahwa tempat praktik Ningsih Tinampi bukanlah pelayanan kesehatan. Sebab, tidak termasuk dalam dua kategori pengobatan dalam medis. Yakni cara tradisional dan konvensional.

Pelayanan kesehatan konvensional merupakan metode pengobatan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Sedangkan pengobatan tradisional menggunakan metode ramuan dan keterampilan pijat, akupresur, dan akupuntur.

"Pelayanan kesehatan konvensional maupun tradisional sama-sama memiliki organisasi profesi, standar pelayanan, dan kode etik. Sedangkan pengobatan Ningsih Tinampi tidak masuk ke dalam dua kategori pelayanan kesehatan tersebut," ujar Herlin kepada IDN Times, Senin (10/2).

2. Masuk ke ranah binaan kepercayaan

Dinkes Tegaskan Pengobatan Ningsih Tinampi Bukan Pelayanan Kesehatan(Ilustrasi rumah sakit) IDN Times/Sukma Shakti

Herlin pun mengimbau agar masyarakat bisa lebih bijaksana dalam memilih pengobatan untuk menyembuhkan penyakitnya. Sebab, pengobatan Ningsih Tinampi tidak masuk ke dalam ranah kesehatan.

"Melainkan masuk ke dalam binaan Tim Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) Provinsi Jawa Timur yang diketuai oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur," katanya.

Meski begitu, pihaknya belum ada langkah untuk menutup pengobatan yang dioperasikan Ningsih.

Baca Juga: Waspada Virus Corona, Dinkes Jatim Lakukan Ini

3. Anjurkan berobat ke pelayanan dan asuransi kesehatan saja

Dinkes Tegaskan Pengobatan Ningsih Tinampi Bukan Pelayanan KesehatanIlustrasi obat. IDN Times/Sunariyah

Lebih lanjut, Herlin juga menyarankan masyarakat memanfaatkan pengobatan gratis yang telah disediakan pemerintah. Mengingat harga yang dipatok oleh Ningsih dalam pengobatannya mencapai Rp300 ribu hingga Rp10 juta.

"Lebih baik memanfaatkan pengobatan gratis atau ikut asuransi kesehatan yang ada. Uangnya bisa dipakai penunjang tagihan bulanan atau obat medis lainnya," sarannya.

Baca Juga: YouTube Ningsih Tinampi Bikin Resah, Polda Jatim Turun Tangan

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya