Dijanjikan ke Arab, TKI Asal Malang Malah Dikirim ke Suriah

Padahal Indonesia sedang moratorium pengiriman TKI

Malang, IDN Times - Polemik Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal di Jawa Timur (Jatim) masih dapat dijumpai. Baru-baru ini, ada sejumlah TKI dari Desa Brongkal Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang yang nekat untuk menempuh jalur bodong itu. Alih-alih ingin berangkat mengais rezeki ke Arab, mereka justru dibawa ke negeri konflik, Suriah.

1. Disnaker ikuti aturan menteri, pengiriman TKI ke belum dibuka

Dijanjikan ke Arab, TKI Asal Malang Malah Dikirim ke SuriahIlustrasi TKI/IDN Times/Istimewa

Kasi Penempatan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang, Sukardi mengakui ada fenomena tersebut di wilayahnya. Pihaknya tak menyangka masih ada perusahaan yang membuat keterangan palsu atau hoaks, berjanji mengirim TKI ke Arab Saudi padahal penempatan di sana masih ditutup pemerintah pusat.

"Aturan kita ikut menteri. Selama ini menteri belum buka pengiriman ke Arab (Timur Tengah) semenjak ada edaran. Kalau ada anggota atau masyarakat, ke sana sendiri, keluarganya belum melapor ke saya," ujarnya saat dihubungi IDN Times (30/7).

2. Merujuk ke morotarium, masih dibahas di penempatan satu kanal

Dijanjikan ke Arab, TKI Asal Malang Malah Dikirim ke SuriahIlustrasi TKI/IDN Times/Istimewa

Moratorium pengiriman TKI ke Timur Tengah diberlakukan sejak beberapa tahun lalu. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) nomor 260 tahun 2015 tentang Penghentian dan Pelarangan Penempatan TKI. Aturan ini dijadikan rujukan Pemkab Malang.

Namun pada April 2018, memang sempat akan dilakukan uji coba pengiriman kembali TKI hingga 2020. Dalam perkembangannya, kembali muncul Permenaker nomor 291 tahun 2018. Kebijakan itu mengatur Pedoman Pelaksanaan Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia di Kerajaan Arab Saudi melalui sistem penempatan satu kanal.

"Ini saya lagi masih rapat pembukaan satu kanal," tambah Sukardi.

3. Disnaker Malang kesulitan menindak

Dijanjikan ke Arab, TKI Asal Malang Malah Dikirim ke Suriahunsplash.com/Aladdin Hamma

Lebih lanjut, Sukardi mengungkapkan kalau kesulitan untuk menindak pelaku pengiriman TKI ilegal. Alasannya, saat ini laporan yang masuk hanyalah lisan maupun melalui beberapa pemberitaan saja.

"Berita menggali langsung saya tidak tahu. Mau menindak juga repot kalau tidak tahu datanya. Selama belum ada laporan jelas kita menindak nanti salah," katanya.

Baca Juga: Berkat TKI, Indomie Populer di Arab Saudi

4. Selama ini, pengiriman terdaftar ke Hongkong dan Taiwan

Dijanjikan ke Arab, TKI Asal Malang Malah Dikirim ke SuriahIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Sukardi menambahkan, terkait tata cara yang benar dalam penempatan TKI, ternyata tergantung pesanan perusahaan penyalur jasa. Apabila ada negara yang membutuhkan, akan dicarikan di kabupaten yang berminat dan diberangkatkan. Nah, selama ini di Kabupaten Malang penempatannya di Taiwan dan Hongkong.

"Tergantung job order perusahaan yg ingin ke menempatkan warga malang. Perusahaan itu punya job Taiwan Hongkong. Kalau lewat jalur langsung bener," pungkasnya.

Baca Juga: Haru, 8 Foto Saat Keluarga Tunggu Kedatangan TKI di Bandara

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya