Demokrat Surabaya Sodorkan Dua Nama untuk Dampingi Machfud Arifin

Moch Machmud dan SAH dianggap layak jadi bacawawali Surabaya

Surabaya, IDN Times - Setelah memastikan mengusung Machfud Arifin menjadi bakal calon wali kota (bacawali) Surabaya, kini DPC Partai Demokrat Surabaya menyodorkan dua nama untuk dipilih sebagai pendampingnya. Dua nama itu adalah Siti Anggraenie Hapsari (SAH) dan Moch Machmud.

“Karier mereka sangat mendukung untuk menjadi calon wakil wali kota Surabaya,” ujar Ketua DPC Partai Demokrat Surabaya Lucy Kurniasari di kantornya, Minggu (19/7/2020).

1. Machmud kader internal sejak 2008

Demokrat Surabaya Sodorkan Dua Nama untuk Dampingi Machfud ArifinPartai Demokrat mengajukan dua nama untuk mendampingi Machfud Arifin di Pilkada Surabaya. IDN Times/Dok. Istimewa

Lucy memastikan kedua nama yang ditawarkan mempunyai keunggulan masing-masing. Dia menjelaskan, Machmud mulai bergabung ke Demokrat sejak 2008. Pria yang pernah menjadi wartawan, redaktur, dan Pemimpin Redaksi Harian Pagi Memorandum ini sudah tiga periode duduk di DPRD Kota Surabaya. "Pada tahun 2009, Machmud didapuk menjadi Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya," kata Lucy.

"Kariernya menanjak dengan terpilihnya menjadi Ketua DPRD Kota Surabaya pada tahun 2012," ungkap Anggota Komisi IX DPR RI dari Dapil Jatim I ini.

Saat Pileg 2014, Machmud mendulang hampir 22 ribu suara. Sehingga dia kembali berhak menjadi anggota DPRD Kota Surabaya dan didapuk sebagai Ketua Badan Legislasi. Pada Pileg 2019, Machmud meraih 19.300 suara. "Perolehan suara sebanyak ini disebabkan kemampuannya dalam mendekati konstituen," beber Lucy.

Selain itu, Machmud yang menamatkan pendidikan strata dua ini juga mempunyai skill dalam bidang tulis menulis. Berkat keahliannya itu, ia sudah memenangkan beberapa kali lomba karya tulis pers.

2. SAH punya 5 program andalan

Demokrat Surabaya Sodorkan Dua Nama untuk Dampingi Machfud ArifinIlustrasi Pilwali Surabaya 2020 (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara untuk SAH, Lucy menyebut jika dia punya lima program untuk meneruskan pembangunan yang terintegrasi dan menyeluruh sampai di lapisan terdalam dari Kota Surabaya. Peningkatan SDM untuk mengangkat sektor ekonomi disemua lapisan, termasuk menggalakkan UMKM dan industri rumah.

Memantapkan daya saing usaha ekonomi lokal, inovasi produk dan jasa serta pengembangan industri kreatif. Menciptakan birokrasi yang nyaman dan berkualitas serta memantapkan tata kelola pemerintahan yang baik. "Dan meningkatkan keamanan di semua lini agar Surabaya menjadi salah satu tujuan wisata yang ramah dan nyaman," terangnya.

Baca Juga: Dukung Penuh Machfud Arifin, Demokrat Segera Setor Bacawawali

3. SAH meniti karier sebagai notaris

Demokrat Surabaya Sodorkan Dua Nama untuk Dampingi Machfud ArifinPartai Demokrat mengajukan dua nama untuk mendampingi Machfud Arifin di Pilkada Surabaya. IDN Times/Dok. Istimewa

SAH, lanjut Lucy, menamatkan studi strata dua Program Studi Spesialis I Notaris dan Magister Hukum Bisnis di Universita Airlangga (Unair). Dia juga merupakan alumnus LEMHANAS Angkatan Pertama INI Tahun 2018. Dia memulai karir sebagai Head Legal Mortgage Departement. PT Bank Bira.

Kariernya di bidang Notaris dimulai tahun 1995 ketika diangkat sebagai Notaris PPAT di Kabupaten Lumajang. Pada tahun 1999 hingga sekarang, dia diangkat menjadi Notaris PPAT di Kota Surabaya. "SAH juga sangat berpengalaman dalam berorganisasi," ucap Lucy.

Pernah menjadi Ketua Pengurus Daerah INI Surabaya (2016-2019), Wakil Ketua INI Jatim-Badan Litbang (2016-2019), Koordinator Kewilayaan Jatim Pengurus Pusat IPPAT (2018-2021), Anggota Litbang Pengurus Pusat INI (2016-2019), Anggota Bidang Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat INI (2019-2022), dan Ketua Pengurus Wilayah Jatim (2019-2022).

Baca Juga: Begini Strategi Kampanye ala Machfud Arifin di Tengah Pandemik

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya