Dana Desa Jatim Tembus Rp7,6 T, Peningkatan SDM dan Ekonomi Jadi Fokus

Diwujudkan melalui program desa wisata

Surabaya, IDN Times - Kucuran dana desa tahun 2020 untuk Jawa Timur dipastikan meningkat. Angkanya menembus Rp7,6 triliun. Dana desa ini naik sekitar Rp231 miliar. Karena tahun 2019, Jatim mendapat alokasi sekitar Rp7,4 triliun.

1. Peningkatan SDM dan ekonomi desa

Dana Desa Jatim Tembus Rp7,6 T, Peningkatan SDM dan Ekonomi Jadi FokusIDN Times/Radiktya Yuwono

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) tak mau kecolongan adanya peningkatan alokasi dana desa. Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.(DPMD) Jatim, pihaknya ingin dana itu difokuskan pada pemberdayaan desa, seperti meningkatkan SDM dan ekonomi desa.

"Ini sesuai surat Bu Gubernur Jatim Dana Desa kedepan agar lebih diprioritaskan pada penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, baik untuk peningkatan SDM maupun ekonomi, pemenuhan kebutuhan pelayanan dasar dan pencegahan stunting," kata Kepala DPMD Jatim, Mochammad Yasin, Kamis (14/11).

2. Diwujudkan melalui program desa wisata

Dana Desa Jatim Tembus Rp7,6 T, Peningkatan SDM dan Ekonomi Jadi Fokusinstagram.com/putraditya25

 

Nantinya, peningkatan SDM dan ekonomi desa berseiring dengan pembentukan desa wisata di Jatim. Hal ini sesuai dengan fokus R-APBN 2020, yakni penguatan kualitas SDM untuk mewujudkan SDM unggul, sehat, cerdas, terampil, dan sejahtera. Serta, akselerasi pembangunan infrastruktur pendukung transformasi ekonomi.

Hadirnya desa wisata dirasa mampu menciptakan lapangan kerja. Tak hanya itu, ke depan bisa mengantisipasi pengurangan tenaga kerja di sektor pertanian maupun kelautan.

"Sehingga pariwisata ini menjadi sektor paling pesat, dan mampu meningkatkan ekonomi pedesaan dan masyarakat setempat," kata Yasin.

Baca Juga: KPK Bantah Desa Fiktif Penerima Dana Desa Sudah Hilang

3. Pemprov berseiring dengan pemerintah pusat

Dana Desa Jatim Tembus Rp7,6 T, Peningkatan SDM dan Ekonomi Jadi FokusKepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Timur Mochammad Yasin saat di ruang kerjanya. IDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Selain itu, ada juga fokus R-APBN 2020 terkait penguatan program perlindungan sosial untuk menjawab tantangan demografi di era digital ini. Selanjutnya, penguatan kualitas desentralisasi fiskal untuk mendorong kemandirian daerah.

Hal yang menjadi fokus pemerintah pusat menjadi atensi yang sama oleh pemprov. "Saya kira beberapa hal utama di atas, sejalan dengan harapan pemerintah pusat, dalam hal ini Presiden," kata Yasin.

Baca Juga: Empat Desa yang Hilang karena Lapindo Dipastikan Tak Dapat Dana Desa

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya