Dampak Virus Corona, Okupansi Hotel Jatim Jeblok 70 Persen

Banyak tamu yang batalkan pesanan

Surabaya, IDN Times - Pasien positif virus corona di Indonesia terus bertambah. Bahkan, data terakhir menyebut jumlahnya saat ini sudah mencapai 19 pasien. Penyebaran virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, Tiongkok ini berdampak langsung pada sektor parwisata, salah satunya yaitu perhotelan.

1. Okupansi turun sebesar 70 persen

Dampak Virus Corona, Okupansi Hotel Jatim Jeblok 70 PersenSalah satu hotel di Banywangi. Humas Kabupaten Banyuwangi

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Jawa Timur (Jatim), Dwi Cahyono menyebut, okupansi hotel di Jatim khususnya Surabaya terus lesu sejak merebaknya virus corona. Okupansi berkurang sebesar 70 persen.

"Okupansi turun tinggal 30 sampai dengan 40 persen,” ujarnya dikonfirmasi, Selasa (10/3).

Untuk mengatasi itu, PHRI menyarankan agar hotel mengadakan promo kamar dan paket layanan sebesar-besarnya.

2. Banyak tamu yang batalkan pesanan

Dampak Virus Corona, Okupansi Hotel Jatim Jeblok 70 PersenIDN Times/Reja Gussafyn

Sementara itu, Marcomm Surabaya Suites Hotel, Natasya Julia Kristi mengakui awal tahun ini ada penurunan jumlah tamu hotel. Terutama tamu asing, dia menduga sejumlah negara melarang warga negaranya berpergian karena virus corona belum teratasi.

“Yang pasti kunjungan tamu asing berkurang, karena sejumlah negara memang meminta warganya untuk menahan diri tidak bepergian dulu,” katanya.

3. Sejumlah acara di hotel juga batal digelar

Dampak Virus Corona, Okupansi Hotel Jatim Jeblok 70 PersenSalah satu hotel di Banyuwangi. IDN Times/Beautiful Banyuwangi

Tak hanya tamu yang menginap. Beberapa pihak yang mengagendakan kegiatan di hotel juga banyak yang membatalkan acara lantaran narasumber menyatakan tidak bisa hadir.

“Demi alasan keamanan yang terjadi atas adanya virus Corona, dengan sangat berat hati acara Make Over ‘Beauty All Ways’ roadshow to Surabaya di Sheraton Hotel harus kami batalkan,” kata penyelenggara acara ‘Beauty All Ways’ Delia Everlin.

Baca Juga: WNA Terinfeksi Virus Corona di Indonesia Sudah Dilaporkan ke Kedubes

4. FKHM akan gelar diskusi cari solusi

Dampak Virus Corona, Okupansi Hotel Jatim Jeblok 70 Persenilustrasi virus corona (IDN Times/Sukma Shakti)

Ketua Forum Komunikasi Hotel dan Media (FKHM) Jawa Timur (Jatim), Kus Andi pun khawatir dengan kondisi ini. Pihaknya berniat mecari solusi bersama agar okupansi hotel kembali bergeliat. Rencananya, dia menggelar forum group discussion (FGD), Rabu (11/3) mendatang.

"Kami akan cari solusi menggelar diskusi Rabu (11/3) besok di RS Adi Husada (Surabaya), Melalui diskusi ini kami bisa tahu lebih detil cara mengidentifikasi tamu yang kemungkinan terserang virus corona,” ucapnya.

“Kami harus paham tindakan tepat agar tamu tidak tersinggung ketika dilakukan pemeriksaan atas dirinya saat berkunjung di sebuah hotel,” Kus Andi melanjutkan.

Baca Juga: Siaga Corona, Risma Datangi Lembaga Penelitian Corona di Unair

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya