Comscore Tracker

COVID-19 Varian Lokal Ditemukan di Surabaya

Ayo rek disiplin prokes!

Surabaya, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur (Jatim) mengonfirmasi bahwa ada temuan COVID-19 varian baru di wilayahnya. Varian yang belum memiliki nama ini ditemukan dari hasil Whole Genome Sequencing di Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair).

1. Ada 18 sampel, ditemukan 1 varian lokal

COVID-19 Varian Lokal Ditemukan di Surabayailustrasi virus Corona (freepik.com/tawatchai07)

Kepala Dinkes Jatim, dr. Erwin Astha Triyonno belum bisa membeberkan lebih jauh mengenai varian baru ini. Yang jelas, varian ini didapat usai ITD Unair melakukan WGS terhadap 18 sampel. Rinciannya ditemukan delapan pasien terinfeksi COVID-19 varian Omicron, sembilan varian Delta, dan satu varian lokal.

"Betul (ada satu varian lokal), penjelasan lebih baik dari ITD, info tentang sifat-sifat varian lokal tersebut masih menunggu info berikutnya dari ITD," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: 8 Warga Jatim Positif Omicron, 3 Masih Balita

2. Varian lokal menginfeksi pasien Surabaya

COVID-19 Varian Lokal Ditemukan di SurabayaJalan Ahmad Yani, Kota Surabaya dari udara. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Lebih lanjut, terkait sampel varian lokal sendiri didapatkan dari satu pasien asal Kota Surabaya. Pihaknya pun segera melakukan pelacakan dan pengetesan terhadap semua kontak erat pasien. Tentunya berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

"Pasien Surabaya, kami mengoptimalkan tracing dan testingnya," kata Erwin.

3. Imbau perketat protokol kesehatan

COVID-19 Varian Lokal Ditemukan di SurabayaIlustrasi memakaikan masker pada anak (Pexels/Ketut Subiyanto)

Tak lupa, Erwin juga mengimbau kepada masyarakat khususnya warga Jatim untuk lebih disiplin dan memperketat protokol kesehatan. Sebab, selain varian lokal, diketahui memang varian Omicron mulai meluas. "Apapun variannya, semoga masyarakat tetap disiplin dengan protokol kesehatan. Serta percepatan vaksinas," pungkasnya.

Baca Juga: Sampel COVID-19 CT Value di Bawah 30 Wajib Dibawa ke ITD Unair

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya