COVID-19 Bangkalan: 190 Kasus Aktif, BOR Capai 84 Persen 

Tim Covid Hunter jaring 36 orang OTG

Surabaya, IDN Times - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta menyampaikan, kondisi terkini kasus COVID-19 di Bangkalan. Data per 8 Juni 2021, kumulatif terkonfirmasi positif 1.899 kasus. Dari jumlah itu, 1.521 sembuh, 188 meninggal dunia dan 190 masih dirawat alias kasus aktif.

1. BOR di RSUD Bangkalan mulai naik lagi

COVID-19 Bangkalan: 190 Kasus Aktif, BOR Capai 84 Persen Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Banyaknya kasus aktif ini membuat ketersediaan tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit rujukan COVID-19 Bangkalan juga kian menipis. Saat ini BOR Isolasi RSUD Bangkalan mencapai 84 persen. Kemudian BOR ICU mencapai 50 persen.

Maka dari itu, upaya yang juga tak kalah pentingnya ialah testing dan vaksinasi. Sekarang ini ada lima tim yang terdiri dari 15 orang tim gencar melakukan dua upaya itu. Dalam testing ini masyarakat diberikan bantuan beras dan mie instan supaya untuk bersedia diswab dan vaksinasi.

"Testing dan vaksinasi dilaksanakan di dua kecamatan dari empat ecamatan yang menjadi pusat konsentrasi yaitu kecamatan Arusbaya dan Klampis," ujar Nico, Rabu (9/6/2021).

Baca Juga: Kasus Melonjak, Unair Temukan Varian Baru COVID-19 di Bangkalan

2. Swab antigen mulai dilakukan ke warga di empat kecamatan prioritas

COVID-19 Bangkalan: 190 Kasus Aktif, BOR Capai 84 Persen Ilustrasi petugas uji swab. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sampai saat ini, jumlah warga Arosbaya yang melakukan swab antigen sebanyak 114 orang. Hasilnya ada 17 orang positif COVID-19. Sementara sisanya, 94 orang negatif. Kemudian ada 30 warga Klampis yang melakukan swab antigen. Hasilnya lima positif dan 25 negatif.

"Kami juga terus mengimbau masyarakat untuk melaksanakan swab dan vaksinasi di kecamatan prioritas Kabupaten Bangkalan dengan memasang 25 spanduk imbauan," tambah Nico.

3. Tim Covid Hunter jaring 36 orang OTG

COVID-19 Bangkalan: 190 Kasus Aktif, BOR Capai 84 Persen Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Tim Covid Hunter Polres Bangkalan melaporkan telah melaksanakan kegiatan pemindahan 36 Orang Tanpa Gejala (OTG) ke Balai Diklat Bangkalan. Polres Bangkalan juga membantu penyekatan di perbatasan Madura. Tepatnya di Jembatan Suramadu.

"Dari arah Surabaya menuju Bangkalan atau sebaliknya telah dilakukan swab antigen dalam rangka penanggulangan COVID-19 di Bangkalan. Langkah-langkah tersebut dilaksanakan bersama Forkopimda Provinsi dengan Kabupaten," pungkas Nico.

Baca Juga: Menkes Minta Surabaya Bantu Rawat Pasien COVID-19 dari Bangkalan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya