Comscore Tracker

Catat! Dua Pekan Ini Polda Jatim Gelar Operasi Zebra Semeru Lagi

Lengkapono rek, ben gak ditilang!

Surabaya, IDN Times - Ditlantas Polda Jawa Timur (Jatim) kembali menggelar Operasi Zebra Semeru 2019. Rencananya operasi ini dilakukan selama dua pekan atau 14 hari sejak 23 Oktober sampai 6 November 2019.

1. Libatkan 3.261 personel

Catat! Dua Pekan Ini Polda Jatim Gelar Operasi Zebra Semeru LagiApel Gelar Pasukan Ops Zebra Semeru 2019 Polda Jatim, Rabu (23/10). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Budi Indra Dermawan mengatakan ada tiga ribu lebih personel yang diturunkan untuk melakukan Ops Zebra Semeru ini. Para personel disebar di seluruh Jatim. Tidak hanya polisi, giat ini juga melibatkan instansi lain.

"Jumlah personel seluruh Jawa Timur ada 3.261. Ini polrinya ya, nanti dibantu Dinas Perhubungan dan pasukan TNI," ujarnya, usai Apel Gelar Pasukan di Mapolda Jatim, Rabu (23/10).

2. Imbau patuhi rambu lalin dan bawa kelengkapan kendaraan

Catat! Dua Pekan Ini Polda Jatim Gelar Operasi Zebra Semeru LagiApel Gelar Pasukan Ops Zebra Semeru 2019 Polda Jatim, Rabu (23/10). IDN Times/ Ardiansyah Fajar

 

Budi pun mengimbau kepada para pengendara agar mematuhi rambu lalu lintas. Serta, membawa kelengkapan berkendara seperti halnya SIM maupun STNK. Apabila melanggar, pihaknys tak segan akan menilang pengendara.

"Masing-masing satgas ini akan bertindak sesuai dengan tupoksinya. Nanti lebih dikedepankan penegakan hukum kepada yang melakukan pelanggaran, dibantu tadi sudah kita lihat saat gelar pasukan ada stake holder di bidang lalu lintas dari TNI, Polri dan Dinas perhubungan," jelas Budi.

3. Tingkat kepatuhan di Jatim disebut bagus

Catat! Dua Pekan Ini Polda Jatim Gelar Operasi Zebra Semeru LagiApel Gelar Pasukan Ops Zebra Semeru 2019 Polda Jatim, Rabu (23/10). IDN Times/ Ardiansyah Fajar

Operasi Zebra Semeru 2019, menurut Budi, sangat perlu. Pasalnya masih banyak pengendara yang melanggar lalin. Padahal penyebab kecelakaan yang paling banyak ialah pelanggaran rambu lalin, seperti menerobos traffic light, kecepatan tinggi dan tidak patuh marka jalan.

Akan tetapi, polisi mengapresiasi angka kepatuhan di Jatim terus meningkat. "Untuk tingkat kepatuhan di Jatim, roda dua sudah menggunakan helm. Kecepatan juga sudah baik. Mungkin pada malam hari tingkat kesadarannya beda, tapi kalau di pagi hari tingkat kesadarannya untuk berlalu lintas sudah baik," kata Budi.

Baca Juga: Tilang Elektronik Berlaku 1 Juli, CCTV Bisa Intai Pengendara Bandel

4. Ada delapan pelanggaran yang ditindak

Catat! Dua Pekan Ini Polda Jatim Gelar Operasi Zebra Semeru LagiIrwasda Polda Jatim Kombes Sutardjo. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Irwasda Polda Jatim Kombes Sutardjo mengatakan ada delapan sasaran penindakan bagi masyarakat yang melanggar. Antara lain batas kecepatan, menggunakan sabuk pengaman, kelengkapan surat-surat, melawan arus, dan pengendara yang menggunakan alkohol.

Selain itu, Operasi ini untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan masyarakat di jalan raya. "Polda Jawa Timur secara serentak bersama polres-polres melaksanakan apel dalam rangka operasi Zebra Semeru 2019 untuk meningkatkan keamanan, keselamatan berlalu lintas di jalan raya," tandas Sutardjo.

Baca Juga: Tilang Elektronik Segera Diberlakukan, Yuk Pahami Mekanismenya

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya