Comscore Tracker

Canggih, ITS Luncurkan Kapal Pintar Tanpa Awak

Kemenhub Siap Kembangkan Riset

Surabaya, IDN Times – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan inovasi terbarunya berupa kapal pintar tanpa awak bernama Intellegent Boat (i-Boat). Soft launching itu diluncurkan oleh Rektor ITS, Prof Mochamad Ashari di PT Galangan Kapal Madura (Gapura), Bangkalan, Madura, Selasa (29/92020).

Peluncuran kapal autonomous yang dapat dijalankan dengan kombinasi teknologi berbasis artificial intelligence dan internet of things ini diapresiasi Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. Dia  mengungkapkan sangat bangga akan inovasi kapal canggih ITS ini. Terlebih proyek ini bekerja sama dengan alumni dan industriawan yang ada di Jawa Timur.

1. Kemenhub siap buatkan lembaga pengembangan riset

Canggih, ITS Luncurkan Kapal Pintar Tanpa AwakMenteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat peluncuran kapal tanpa awak Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Selasa (29/9/2020). Dokumentasi ITS

Budi mengatakan, nantinya Kemenhub akan membuat lembaga untuk mengembangkan riset ini, sehingga ITS tidak perlu susah untuk melakukan riset di tempat yang lain. Perilisan i-BOAT ini merupakan suatu usaha inovasi di bidang kelautan, khususnya perkapalan.

"Harapannya nanti saat 10 November i-BOAT-nya sudah bisa beroperasi secara masif, sehingga yang awalnya diharapkan baru dua tahun lagi bisa menjadi lebih cepat," ujarnya melalui virtual, Selasa (29/9/2020).

2. Pemprov Jatim dukung riset ITS

Canggih, ITS Luncurkan Kapal Pintar Tanpa AwakWakil Gubernur Jatim, Emil Dardak saat peluncuran kapal tanpa awak Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Selasa (29/9/2020). Dokumentasi ITS

Sementara, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak akan mendukung pengembangan riset ITS. “Dengan adanya karya-karya ini, kami tidak akan menyerah untuk mendukung dan bahu-membahu memberikan keberpihakan kepada ITS dan karya anak bangsa lainnya,” kata suami Arumi Bachsin itu.

Baca Juga: Dampak Pandemik, ITS Diskon Hingga Bebaskan UKT Mahasiswa

3. I-Boat direalisasikan dari gabungan 10 penelitian

Canggih, ITS Luncurkan Kapal Pintar Tanpa AwakPeluncuran kapal tanpa awak Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Selasa (29/9/2020). Dokumentasi ITS

Sekadar diketahui, produk i-BOAT direalisasikan melalui kerja sama 10 judul penelitian dengan pendanaan dan koordinasi dari Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS dan Direktorat Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi (DIKST) ITS. DRPM membentuk konsorsium penelitian yang melibatkan Sembilan departemen teknik dan dua klaster Sains Tekno Park (STP), yaitu STP–Kluster Inovasi TIK & Robotika dan STP–Kluster Maritim.

Baca Juga: i-Car, Mobil Pintar Tanpa Awak Karya ITS

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya