Comscore Tracker

Cak Imin Ketemu Puan, PKB Jatim Masih Solid dengan Gerindra

Koalisi dengan PDIP juga masih terbuka

Surabaya, IDN Times - Ketum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar melakukan pertemuan secara khusus dengan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani. Pertemuan ini pun memantik banyak persepsi. Termasuk peluang koalisi hingga Capres dan Cawapres. Lantas bagaimana hubungan PKB dengan Partai Gerindra?

1. Sudah komitmen dengan Gerindra

Cak Imin Ketemu Puan, PKB Jatim Masih Solid dengan GerindraSekretaris DPW PKB Jawa Timur, Anik Maslachah. dok. Istimewa.

Sekretaris DPW PKB Jatim, Anik Maslachah menegaskan pertemuan antara Muhaimin dan Puan tidak akan mengganggu hubungan PKB dengan Partai Gerindra. Diketahui, PKB sebelumnya sudah menjalin koalisi dengan partai besutan Prabowo Subianto itu.

"Kita sudah fix untuk gabung koalisi bersama Partai Gerindra. Bahwa, kita komitmen bersama-sama koalisi dengan Partai Gerindra," ujarnya, Senin (26/9/2022).

2. Kesolidan terjalin hingga tingkat bawah

Cak Imin Ketemu Puan, PKB Jatim Masih Solid dengan GerindraWakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah saat di Kantor PWNU Jatim, Selasa (12/11). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Wakil Ketua DPRD Jatim ini membantah jika ada anggapan koalisi PKB bersama Gerindra tengah renggang. Justru, sambung Anik, PKB solid dengan partai berlambang kepala burung garuda tersebut. Bahkan, kesolidan itu sudah terjalun hingga tingkat bawah.

"Kita sangat solid bahkan hingga ke jajaran di bawah. Kita tetap komitmen pada apa yang diputuskan DPP," kata dia.

Baca Juga: Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar: Kita Doakan Mbak Puan Jadi Presiden

3. Peluang dengan PDIP juga terbuka

Cak Imin Ketemu Puan, PKB Jatim Masih Solid dengan Gerindradok. KPU

Terkait pertemuan dengan PDIP, Anik tidak membeberkan lebih rinci. Yang jelas, dia melihat yang dilakukan oleh Cak Imin--sapaan karib Muhaimin- sebagai upaya komunikasi politik saja. Semua hal bisa terjadi dengan PDIP. Karena politik dikenal dinamis.

"Termasuk dengan PDI Perjuangan terbuka," pungkasnya.

Baca Juga: Gema Puan Blitar Deklarasikan Puan Maharani Maju Pilpres 2024 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya