Comscore Tracker

Bulan Ini PSI akan Memutuskan Dukung Machfud Arifin atau Ikut PDIP

Yakin elektabilitas Andy Budiman menjual di Pilkada Surabaya

Surabaya, IDN Times - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah menetapkan Andy Budiman sebagai pemenang konvensi. Mantan Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Dapil Surabaya-Sidoarjo itu pun akan diajukan untuk Pilkada Surabaya 2020.

Namun, dia tidak bisa maju sendiri. Sebab, PSI hanya memiliki 4 kursi di DPRD Surabaya.

1. Menunggu instruksi DPP PSI

Bulan Ini PSI akan Memutuskan Dukung Machfud Arifin atau Ikut PDIPIlustrasi Pilwali Surabaya. IDN Times/Sukma Shakti

Nah, opsi yang bisa diambil PSI ialah berkoalisi dengan partai lain. Saat ini 8 partai di Surabaya, PKB, Golkar, Demokrat, PPP, NasDem, Gerindra, PAN dan PKS berkoalisi mengusung Machfud Arifin (MA). Sedangkan PDI Perjuangan belum menurunkan rekomendasi untuk bakal calon wali kota bacawalinya.

"Kelanjutannya tunggu instruksi DPP. Kota sudah mulai memikirkan strategi koalisi. Kami belum pastikan ke MA atau PDIP," ujar Ketua DPD PSI Surabaya, Josiah Michael dikonfirmasi Selasa (14/7/2020).

2. Sudah jalin komunikasi dengan kubu MA dan PDIP

Bulan Ini PSI akan Memutuskan Dukung Machfud Arifin atau Ikut PDIPIlustrasi Pilwali Surabaya. IDN Times/Sukma Shakti

Komunikasi, lanjut Josiah, sudah dijalin. Menurutnya, baik Machfud maupun pihak PDIP akan tertarik dengan elektabilitas Andy Budiman. Dia mengatakan, perolehan suara Andy pada Pileg 2019 bisa menjadi pertimbangan.

"Munculnya Andy Budiman kita tidak terlalu khawatir. Dari Pileg kemarin terlihat gambaran suara Andy Budiman," kata dia.

"Sampai sekarang masih cair. Semua kubu sudah komunikasi, baik kubu MA (Machfud Arifin) maupun PDIP. Cuman ke mana kubu kita merapat masih belum diputuskan," ucapnya.

Baca Juga: 5.161 PPDP Pilkada Surabaya Wajib Pakai Perlengkapan 'Perang'

3. Akan diputuskan bulan ini

Bulan Ini PSI akan Memutuskan Dukung Machfud Arifin atau Ikut PDIPIlustrasi Pilwali Surabaya. IDN Times/Sukma Shakti

Meski tidak merinci batas waktu sikap PSI pada Pilkada Surabaya, Josiah hanya menyebut seharusnya bulan ini sudah ada keputusan dari DPP.

"Kami usahakan segera, saya rasa lebih baik bulan ini. Bulan ini harus kami putuskan ke mana, rapat lanjutan dengan DPP kami hitung lagi," pungkasnya.

Baca Juga: Andy Budiman Jadi Pemenang Konvensi PSI untuk Pilwali Surabaya

Topic:

  • Ardiansyah Fajar
  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya