Buka Data Epidemi Secara Real Time, Pemprov Gandeng Inggris

Masyarakat bisa tahu tingkat penularan di Jatim seperti apa

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) berencana memperluas akses data real time kasus COVID-19 melalui Program Digital Access. Untuk menunjang keakuratan data, pemprov menggandeng Kedutaan Inggris.

1. Tampilkan kondisi epidemi di Jatim

Buka Data Epidemi Secara Real Time, Pemprov Gandeng InggrisPeta sebaran COVID-19 di Jatim, Jumat (3/7). Dok Diskominfo Jatim

Program tersebut, nantinya akan menampilkan kondisi epidemiologi terkini di Jatim. Sehingga masyarakat dapat mengetahui secara langsung rate of transmission atau tingkat penularan virus corona di tiap kabupaten/kota. Tujuannya meningkatkan kewaspadaan bersama.

“Mereka bisa tahu bagaimana sebenarnya situasi epidemiologis dari COVID-19 di Kab/Kota masing-masing di seluruh Jatim dengan mengakses
http://infocovid19.jatimprov.go.id/index.php/data," ujarnya dalam rilis resmi, Selasa (7/7/2020).

2. Bisa tingkatkan kewaspadaan bersama

Buka Data Epidemi Secara Real Time, Pemprov Gandeng InggrisGubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Dubes Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins. Dokumentasi Humas Pemprov

Dengan memperoleh akses secara real time, masyarakat bisa bersama-sama sadar pentingnya protokol kesehatan. Pemerintah daerah dan masyarakat juga bisa mewaspadai apabila adanya peningkatan tingkat penularan.

"Jika kita mendapat support data real time, maka intervensi kebijakan juga bisa dilakukan dengan presisi yang lebih tinggi dan hasil yang lebih signifikan,” kata Khofifah.

Baca Juga: [UPDATE] Tambah 270, Kasus COVID-19 di Jatim Tembus 14.298 Orang

3. Wadah berbagi informasi

Buka Data Epidemi Secara Real Time, Pemprov Gandeng InggrisDubes Inggris Owen Jenkins mengunjungi Wallacea Week di Mall Nipah Makassar, Selasa (26/11/2019) - Humas British Council

Sementara itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins mengatakan bantuan ini bekerja sama dengan gerakan swadaya masyarakat LaporCovid-19. Merupakan wadah berbagi informasi terkait COVID-19 dan pemerintah Jawa Timur.

“Proyek ini merupakan bagian dari program Digital Access dibawah Kedutaan Inggris di Jakarta dan akan dilaksanakan dengan koordinasi bersama Pemerintah Indonesia. Dimana Jawa Timur adalah wilayah pertama yang bekerjasama dengan kami dan menjadi prioritas,” katanya saat peluncuran program bantuan secara daring, Jumat (3/7/2020).

Baca Juga: SMA/SMK Negeri di Jatim Gratis, Swasta Dapat Subsidi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya