[BREAKING] Fuad Amin Meninggal Pukul 16.00 WIB, Masuk RS Sejak Sabtu

Ia terkena OTT KPK dalam kasus jual beli gas alam

Surabaya, IDN Times - Mantan Bupati Bangkalan, RKH Fuad Amin Imron dikabarkan meninggal dunia di Graha Amerta RSUD dr. Seotomo, Senin (16/9). Berdasarkan informasi yang didapat IDN Times dari RSUD dr Soetomo, tahanan Lapas Kelas 1 Surabaga ini meninggal sekitar pukul 16.00 WIB.

"Iya (meninggal dunia), pukul 16.00-an WIB," ujar Kepala Humas RSUD dr Soetomo, dr. Pesta Parulian, tertulis.

Terkait sakit yang diderita oleh Fuad, Pesta belum menanggapi secara rinci. Ia hanya menyebut masuk rumah sakit sejak kemarin (15/9). "Masuk rumah sakit kemarin," katanya.

Sementara Kadiv Permasyarakatan Kemenkumham Kanwil Jatim, Pargiyono menyampaikan, terkait penyakit Fuad menjadi kewenangan rumah sakit dan Lapas Kelas 1 Surabaya di Porong Sidoarjo. "Kalau sakitnya tanya ke Lapas Porong," ucapnya.

Untuk diketahui, Fuad tersandung operasi tangkap tangan (OTT) KPK 1 Desember 2014. Ia terbukti menerima suap terkait jual-beli gas alam untuk pembangkit listrik di Gresik dan Gilir Timur. Penangkapan dilakukan pukul 11.30 WIB di area parkir gedung A yang terletak di Jalan Bangka Raya Jakarta Selatan. Saat diamankan, petugas KPK menemukan uang senilai Rp700 juta di dalam mobil.

KPK menetapkan Fuad sebagai tersangka penerima suap berdasarkan pasal 12 huruf a, pasal 12 huruf b, pasal 5 ayat 2 atau pasal 11 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 KUHP. Pasal tersebut mengatur mengenai pegawai negeri atau penyelenggara negara yang menerima hadiah atau janji padahal patut diduga bahwa hadiah atau janji tersebut diberikan untuk melakukan atau tidak melakukan terkait jabatannya.

Atas dasar itulah Fuad divonis hukuman 13 tahun penjara. Dia dipenjara di Lapas Sukamiskin, Jawa Barat. Sebelum akhirnya dipindahkan ke Lapas Kelas 1 Surabaya di Porong Sidoarjo. Terpidana diketahui jatuh sakit dirawat di RSUD Sidoarjo sejak Januari lalu. Kemudian dipindahkan ke RSUD dr. Soetomo.

"Sudah dirawat sekitar dua sampai tiga hari di RSUD dr Soetomo. Yang sebelumnya sudah beberapa hari dirawat di RSUD Sidoarjo cuma di Sidoarjo dianggapnya penyakitnya sudah mengkhawatirkan ya dipindah. Begitu informasinya," pungkas Pargiyono.

Baca Juga: [BREAKING] Mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin Meninggal Dunia 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya