[BREAKING] Dokter Sebut Fuad Amin Terkena Serangan Jantung

Ia juga menderita komplikasi

Surabaya, IDN Times - Kepala Humas dr Soetomo, dr Pesta Parulian menyebut mantan Bupati Bangkalan, Fuad Amin diduga mengalami serangan jantung. Ia juga menyampaikan bahwa Fuad meninggal tepat pukul 16.05, Senin (16/9) di Graha Amerta, RSUD dr Soetomo Surabaya.

"Dugaan serangan jantung, meninggal pukul 16.05 WIB, (16/9)" ujar Pesta kepada IDN Times tertulis.

Pesta menambahkan, terpidana Lapas Kelas 1 Surabaya ini dirawat sejak Sabtu (14/9). Saat tiba di rumah sakit, Fuad langsung ditempatkan di Graha Amerta. "Benar di rawat di Graha Amerta sejak tanggal 14 September 2019," kata Pesta.

Sementara itu, Direktur Penunjang Medik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo dr Hendrian D. Subagyo menyatakan mantan Bupati Bangkalan KH Fuad Amin Imron meninggal dunia karena penyakit komplikasi yang dideritanya.

"Meninggal karena penyakit tua. Ada komplikasi tapi kami tidak menyebut diagnosa," kata Hendrian.

Untuk diketahui, Fuad tersandung operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada tahun 2014. Ia terbukti menerima suap terkait jual-beli gas alam untuk pembangkit listrik di Gresik dan Gili Timur. Penangkapan dilakukan pukul 11.30 WIB di area parkir gedung A yang terletak di Jalan Bangka Raya Jakarta Selatan. Saat diamankan, petugas KPK menemukan uang senilai Rp700 juta di dalam mobil.

KPK menetapkan Fuad sebagai tersangka penerima suap berdasarkan pasal 12 huruf a, pasal 12 huruf b, pasal 5 ayat 2 atau pasal 11 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 KUHP. Pasal tersebut mengatur mengenai pegawai negeri atau penyelenggara negara yang menerima hadiah atau janji padahal patut diduga bahwa hadiah atau janji tersebut diberikan untuk melakukan atau tidak melakukan terkait jabatannya.

Atas dasar itulah Fuad divonis hukuman 13 tahun penjara. Dia dipenjara di Lapas Sukamiskin, Jawa Barat. Sebelum akhirnya dipindahkan ke Lapas Kelas 1 Surabaya di Porong Sidoarjo. Terpidana diketahui jatuh sakit dirawat di RSUD Sidoarjo sejak Januari lalu. Kemudian dipindahkan ke RSUD dr. Soetomo.

"Sudah dirawat sekitar dua sampai tiga hari di RSUD dr Soetomo. Yang sebelumnya sudah beberapa hari dirawat di RSUD Sidoarjo cuma di Sidoarjo dianggapnya penyakitnya sudah mengkhawatirkan ya dipindah. Begitu informasinya," pungkas Kadiv Permasyarakatan Kemenkumham Jatim, Pargiyono.

Baca Juga: [BREAKING] Fuad Amin Meninggal Pukul 16.00 WIB, Masuk RS Sejak Sabtu

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya