Berlanjut, Nurhadi Jalani Pemeriksaan di Ditreskrimum Polda Jatim

Kapolda janji akan usut kasus secara transparan

Surabaya, IDN Times - Kapolda Jawa Timur (Jatim), Irjen Pol Nico Afinta buka suara soal kasus dugaaan kekerasan jurnalis dengan korban koresponden Tempo, Nurhadi. Dia mengaku prihatin dengan kejadian itu, sekaligus akan menindaklanjuti laporan yang telah dibuat di SPKT Polda Jatim, Minggu (28/3/2021).

"Kami menindaklanjuti dengan membentuk tim khusus untuk menuntaskan kasus yang telah terjadi," ujarnya, Selasa (30/3/2021).

1. Polda sudah olah TKP sekarang penyidikan saksi-saksi

Berlanjut, Nurhadi Jalani Pemeriksaan di Ditreskrimum Polda JatimKoresponden Tempo, Nurhadi (kanan) usai melapor ke SPKT Polda Jatim, Minggu (28/3/2021). Dok. IDN Times/bt

Polda Jatim, kata Nico, telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) pada prarekonstruksi, Senin (29/3/2021). Pemeriksaan dilanjutkan dengan mengambil keterangan saksi korban, Nurhadi didampingi kuasa hukumnya, Selasa (30/3/2021) ini.

"Lalu kami akan menindaklanjuti dengan memeriksa saksi-saksi yang akan diajukan dan tentunya kami juga berkomunikasi dengan instansi supaya proses ini bisa berjalan dan selesai," tegasnya.

Baca Juga: Prarekonstruksi Kekerasan Jurnalis Nurhadi, Polisi Hadirkan Terlapor

2. Terlapor juga segera diperiksa

Berlanjut, Nurhadi Jalani Pemeriksaan di Ditreskrimum Polda JatimReka adegan ketika korban, Nurhadi, masuk ke dalam gedung, Senin (29/3/2021). Dok. Ist

Untuk terlapor, Nico memastikan Ditreskrimum Polda Jatim akan memanggil dan memeriksa. Diketahui ada empat terlapor yang diduga oknum polisi. Tak sampai di situ, jika dalam keterangan Nurhadi ada nama-nama baru yang disebut juga akan diperiksa.

"Nanti beberapa yang disebutkan saudara Nurhadi akan kita periksa sehingga membuat jelas, membuat terang konstruksi hukum yang sedang dibangun tim penyidik," ucapnya.

3. Janji lakukan penyelidikan kasus secara transparan

Berlanjut, Nurhadi Jalani Pemeriksaan di Ditreskrimum Polda JatimKoresponden Tempo, Nurhadi bersama kuasa hukumnya usai diperiksa sebagai saksi korban di Ditreskrimum Polda Jatim, Selasa (30/3/2021). Dok. Ist

Jenderal dua bintang ini berjanji akan melakukan penyelidikan kasus tersebut secara transparan. Nico juga mengajak untuk mengawal kasus sampai tuntas serta mengimbau kepada seluruh jajaran tetap berkomunikasi dengan baik dengan rekan-rekan wartawan sehingga terjadi sinergitas.

"Mari kita semua sama-sama menjaga keamanan di Jawa Timur sehingga setiap kegiatan rekan wartawan dan rekan kepolisian bisa saling sinergi satu sama lain," pungkasnya.

Baca Juga: Liputan Eks Anak Buah Sri Mulyani Jurnalis Tempo Jadi Korban Kekerasan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya