Belum Pasti, Wisata di Jatim Akan Dibuka Jika Tren COVID-19 Menurun

Banyuwangi disiapkan sebagai pembuka wisata new normal

Surabaya, IDN Times - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur (Jatim), Sinarta, belum dapat memastikan kapan objek wisata akan dibuka. Pihaknya mengaku masih menunggu instruksi petunjuk Gubernur Jatim dan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terkait diberlakukannya new normal.

"Yang tahu persis kapan itu wisata dibuka melalui mekanisme di dalam manajemen COVID-19 (Gugus Tugas dan pemerintah pusat). Saya belum bisa jawab," ujarnya kepada IDN Times, Senin (1/6).

1. Baru akan dibuka jika tren kasus menurun

Belum Pasti, Wisata di Jatim Akan Dibuka Jika Tren COVID-19 MenurunWisata Bahari Lamongan. IDN Times/ Imron

Yang jelas, lanjut Sinarta, objek-objek wisata akan dibuka kembali ketika tren kasus COVID-19 di kawasan tersebut mulai mengalami penurunan. Namun, penerapannya tidak lagi seperti sedia kala. Ada tatanan baru yang harus dipatuhi bersama yaitu protokol kesehatan COVID-19.

"Jadi ini soal kesehatan, bagaimana gugus provinsi menyatakan sudah dimulai artinya kami (disbudpar) menyiapkan sebaik-baiknya, kalau sudah waktunya pergerakan cepat dan sudah siap, sarana prasarana, SDM, tata kelola kita siapkan semua," kata dia.

2. Banyuwangi akan disiapkan menjadi pariwisata pembuka pada new normal

Belum Pasti, Wisata di Jatim Akan Dibuka Jika Tren COVID-19 MenurunPantai Merah Banyuwangi. IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Baru-baru ini, Sinarta juga mendengar informasi kalau Banyuwangi disiapkan bersama Bali dan Bintan menjadi pariwisata pembuka pada new normal nanti. Maka dari itu, Disbudpar Jatim siap membantu penuh Pemkab Banyuwangi untuk menyiapkannya.

"Kita sangat setuju, sangat senang terpilih Banyuwangi. Ikuti protokol kesehatan, Jangan sampai ada pelayanan sembrono ke wisatawannya," ucapnya.

Baca Juga: PDTS KBS Pastikan Jatah Makan Satwa Normal Selama Pandemik COVID-19

3. Perlu tim penilai agar kesiapannya lebih matang

Belum Pasti, Wisata di Jatim Akan Dibuka Jika Tren COVID-19 MenurunRombongan siswa TK saat bertamasya ke Kebun Binatang Surabaya, Senin (16/3). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sinarta juga mengusulkan adanya tim khusus untuk melakukan penilaian destinasi yang siap menghadapi new normal di Banyuwangi. Apabila ditemukan dalam penilian belum cukup, pemerintah bisa segera mengintervensi.

"Membantu perbaikan sarana dan prasarana sehingga mencukupi syarat kesehatan dan syarat untuk membuka sesuatu yang baru," kata dia.

Baca Juga: Bersama Bali dan Bintan, Banyuwangi Siapkan Konsep Wisata New Normal

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya