Belanja di Lumbung Pangan, Warga Gresik dan Sidoarjo Bisa Bebas Ongkir

Pemprov gandeng PT Pos sebagai pengirim

Surabaya, IDN Times - Program Lumbung Pangan Jatim masih terus berlangsung dj JX International Surabaya. Mulanya program ini hanya menjangkau pengiriman di dalam kota saja. Tapi, kali ini Pemprov Jatim dan PT Panca Wira Usaha (PWU) yang merupakan inisiator program ini menggandeng PT Pos Indonesia.

1. Belanja sembako murah di kawasan Surabaya Raya bebas ongkir

Belanja di Lumbung Pangan, Warga Gresik dan Sidoarjo Bisa Bebas OngkirPT Pos Indonesia distribusikan sembako murah dari Lumbung Pangan Jatim ke pembelinya. (Ist).

Kolaborasi ini membuat masyarakat di kawasan Sidoarjo dan Gresik tidak perlu bingung membeli sembako murah di Limbung Pangan Jatim. Bahkan, biaya pengirimannya bebas ongkos kirim (ongkir) alias gratis.

Warga Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo bisa belanja melalui online di website https://lumbungpanganjatim.com/ dan barang belanjaan akan dikirim ke tempat tujuan dengan tanpa ditarik biaya pengiriman.

Biaya pengiriman tersebut ditanggung pemprov melalui subsidi. Harapannya masyarakat tak perlu lagi belanja dengan cara bertatap muka, dan juga penerapan physical distancing di tengah pandemi COVID-19 bisa terlanksana. Terlebih kini kawasan Surabaya Raya juga tengah memasuki Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap kedua.

"Transaksi yang terjadi selama dua pekan cukup tinggi. Mereka ada juga yang jaraknya lebih dari 20 kilometer belanja via website dengan harapan bisa gratis ongkir,’’ ujar Direktur Panca Wira Usaha (PWU) Jatim Erlangga Satriagung, Rabu (13/5).

2. Akan dikirim ke alamat pembeli

Belanja di Lumbung Pangan, Warga Gresik dan Sidoarjo Bisa Bebas OngkirPT Pos Indonesia distribusikan sembako murah dari Lumbung Pangan Jatim ke pembelinya. Dok.IDN Times/Istimewa

Sistemnya, sebanyak dua kali sehari, yakni pukul 13.00 WIB dan pukul 16.00 WIB, tim dari Lumbung Pangan Jatim merekap belanjaan dari pelanggan dari wilayah Gresik dan Sidoarjo. Usai direkap, maka seluruh belanjaan pesanan online diantarkan ke masing-masing alamat dengan layanan PT Pos Indonesia.

"Maka kami pun mencari solusi agar mereka juga tetap terlayani. Oleh sebab itu kami menggandeng PT Pos Indonesia," kata Erlangga.

3. Ada dua kecamatan di Gresik yang belum terjangkau

Belanja di Lumbung Pangan, Warga Gresik dan Sidoarjo Bisa Bebas OngkirPT Pos Indonesia distribusikan sembako murah dari Lumbung Pangan Jatim ke pembelinya. Dok.IDN Times/Istimewa

Dengan perluasan ini, hampir seluruh kawasan yang kini tengah diterapkan PSBB di Surabaya Raya bisa terjangkau. Hanya ada dua kecamatan yang belum bisa terjangkau. Yakni Kecamatan Ujung Pangkah dan Bawean.

Erlangga menegaskan sudah ada penghitungan terkait layanan tersebut. Ongkos kirim gratis dianggap masih bisa ditoleransi dalam subsidi yang diberikan Pemprov Jatim. ‘’Yang terpenting, masyarakat terlayani dengan baik,‘’ ucapnya.

4. Transaksi di Lumbung Pangan Jatim capai Rp438.961.273

Belanja di Lumbung Pangan, Warga Gresik dan Sidoarjo Bisa Bebas OngkirPT Pos Indonesia distribusikan sembako murah dari Lumbung Pangan Jatim ke pembelinya. Dok.IDN Times/Istimewa

Sesuai tujuan awal dari penyelenggaraan program ini, Lumbung Pangan Jatim menyediakan aneka sembako murah dengan harga di bawah pasar. Mulai beras, minyak goreng, gula pasir, telur ayam, frozen food, mie instan dan juga banyak lagi. Program ini berlangsung hingga 21 Juli 2020 mendatang.

Hingga 12 Mei, total transaksi Lumbung Pangan Jatim mencapai 33.313 transaksi. Dari jumlah tersebut, ada 4.533 transaksi dilaksanakan secara online. Nilai transaksinya mencapai Rp438.961.273. Jumlah tersebut diyakini bakal bertambah ketika kolaborasi dengan PT Pos.

Baca Juga: Pemuda Papring, Ajak Petani Aktifkan Lumbung Jagung di Tengah Pandemik

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya