Comscore Tracker

Bayu Dapat Banyak Suara di Musda, DPC Tepis Faktor Mantu Pakde Karwo

Bayu dan Emil masih harus fit and proper test

Surabaya, IDN Times - DPD Partai Demokrat Jawa Timur (Jatim) telah menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-VI pada 20 Januari 2022. Pada gelaran itu, salah satu agenda yang dilakukan adalah menampung aspirasi dukungan untuk Ketua DPD Demokrat Jatim yang akan diberi mandat DPP Demokrat.

Ketua DPD ini penting, lantaran sejak Soekarwo menanggalkan jabatannya, posisi ini diisi Pelaksana Tugas (Plt) yakni Emil Elestianto Dardak. Dalam Musda, Emil mendapat dukungan dari 13 DPC. Sementara 25 DPC mendukung Plt Sekretaris yang juga menantu Soekarwo, Bayu Airlangga.

Apakah alasan DPC mendukung Bayu karena faktor Soekarwo?

1. Bayu disebut jalankan roda partai dengan sistem tim

Bayu Dapat Banyak Suara di Musda, DPC Tepis Faktor Mantu Pakde KarwoBayu Airlangga saat kirim berkas dukungan menjadi Bakal Calon Ketua DPD Demokrat Jatim. Dok. Istimewa.

Ketua DPC Partai Demokrat Bondowoso, Fery Firmansyah melihat, Bayu dapat menjalankan roda partai menggunakan sistem tim. Bukan one man show, sehingga dapat diterima oleh mayoritas DPC se-Jatim. Dia menyebut Bayu rajin turun ke DPC yang bisa menumbuhkan soliditas. "Terbukti dalam Musda, Bayu meraup 25 dukungan dari DPC,” tegasnya.

“Unggul suara DPC bukti bahwa kepemimpinan Bayu sangat dibutuhkan di Jawa Timur,” dia menambahkan.

2. Punya kedekatan dengan DPC

Bayu Dapat Banyak Suara di Musda, DPC Tepis Faktor Mantu Pakde KarwoBayu Airlangga dan Emil Dardak diminta bersalaman oleh AHY ketika Musda ke-VI DPD Demokrat Jatim, Kamis (20/1/2022). Dok. Ist.

Senada, Ketua DPC Partai Demokrat Nganjuk, M Fauzi Irwana menilai Bayu sebagai figur yang santun dan memiliki kedekatan dengan arus bawah. Tak hanya jelang musda saja namun sejak beberapa tahun sebelumnya.
"Memang selama ini Mas Bayu dekat dengan teman-teman DPC. Kedekatan dalam arti nggak hanya jelang musda saja. Jauh dua tahun sebelum Musda itu sudah memang sering turun ke bawah," dia mengungkapkan.

Bayu juga disebut memahami karakter DPC di wilayah masing-masing. Dia memiliki kepedulian tinggi. Kehadiran Bayu juga semakin mempererat hubungan silaturahmi dan keakraban antar-DPC.

Baca Juga: Jelang Musda Demokrat Jatim, Bayu Airlangga Serahkan Berkas Dukungan

3. Bayu dan Emil masih harus fit and proper test

Bayu Dapat Banyak Suara di Musda, DPC Tepis Faktor Mantu Pakde KarwoBayu Airlangga dan Emil Dardak diminta bersalaman oleh AHY ketika Musda ke-VI DPD Demokrat Jatim, Kamis (20/1/2022). Dok. Ist.

Kendati begitu, baik Bayu maupun Emil diwajibkan untuk mengikuti tahap fit and proper test sebelum mendapat mandat penuh untuk menahkodai Demkokrat Jatim. Pengujinya, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sekretaris Jenderal, Teuku Riefky Harsa serta Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK), Herman Khaeron.

Baca Juga: Dapat 25 Dukungan DPC Demokrat di Jatim, Bayu Airlangga Optimistis

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya