Baru Diresmikan, RS Lapangan COVID-19 Sudah Tampung 23 Pasien

Semoga jangan sampai penuh ya...

Surabaya, IDN Times - Meski baru diresmikan Rumah Sakit (RS) Lapangan di Jalan Indrapura, Surabaya telah menampung 23 pasien. Mereka ternyata sudah menjalani penanganan di RS Lapangan selama tiga hari ini.

Rinciannya, 13 orang pasien perempuan dan 10 orang pasien laki-laki. Para pasien yang dirawat terkonfirmasi positif COVID-19 dengan kondisi ringan hingga sedang yang berdomisili di Surabaya.

Rumah sakit itu sendiri baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Selasa (2/6).

1. Doni berharap rumah sakit itu

Baru Diresmikan, RS Lapangan COVID-19 Sudah Tampung 23 PasienPeresmian RS Lapangan COVID-19 di Jalan Indrapura, Surabaya, Selasa (2/6). (Humas Pemprov Jatim).

Dalam peresmian itu, Doni berharap RS tersebut tidak penuh dengan pasien. Jika sampai penuh, lanjut dia,  dokternya akan kelelahan sehingga tidak memiliki kesempatan untuk relaksasi.

"Untuk itu, bagi pasien positif COVID-19 yang kondisinya ringan hingga sedang cukup dirawat di RS Lapangan. Keberadaan RS Lapangan ini memang sangat strategis. Dan kita tentu berharap pasien-pasien yang berat bisa segera disembuhkan," ujar Doni saat sambutan peresmian RS Lapangan.

2. Menkes apresiasi adanya RS Lapangan

Baru Diresmikan, RS Lapangan COVID-19 Sudah Tampung 23 PasienPeresmian RS Lapangan COVID-19 di Jalan Indrapura, Surabaya, Selasa (2/6). Dokumentasi Humas Pemprov Jatim.

Sementara itu, Menkes Terawan, menyampaikan apresiasi atas inisiatif Pemprov Jatim dalam menggagas pembuatan RS Lapangan. Pihaknya akan terus mendukung dan membackup semua upaya yang dilakukan Pemprov Jatim untuk mempercepat penanganan COVID-19.

"Sesuai arahan Bapak Presiden Jokowi maka kami akan mendukung semua upaya Pemprov Jatim dalam menangani COVID-19," ucapnya.

3. RS Lapangan bisa tampung 571 pasien

Baru Diresmikan, RS Lapangan COVID-19 Sudah Tampung 23 PasienPeresmian RS Lapangan COVID-19 di Jalan Indrapura, Surabaya, Selasa (2/6). Dokumentasi Humas Pemprov Jatim.

Gubernur Khofifah juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kepala Gugus Tugas dan Menteri Kesehatan atas dukungan yang terus diberikan kepada Pemprov Jatim dalam rangka menangani COVID-19. 

"Kami mewakili Pemerintah provinsi dan masyarakat Jawa Timur menyampaikan terimakasih kepada Kepala BNPB dan Menteri Kesehatan, yang terus mendukung Pemprov Jatim dalam menangani COVID-19. Baik lewat bantuan yang diberikan maupun support penuh atas pendirian RS Lapangan," kata dia.

Saat ini RS Lapangan memiliki total kapasitas mencapai 271 bed. Jika dimaksimalkan, kapasitasnya mampu mencapai hingga 571 pasien. Para pasien positif kondisi ringan hingga sedang yang bisa ditampung untuk dilakukan perawatan. Sehingga, daya tampung di RS rujukan bisa semakin besar.

Baca Juga: Pertamina Jadikan Lapangan Bola Simprug sebagai RS Darurat Covid-19  

4. RS Lapangan terdiri dari gedung dan tenda

Baru Diresmikan, RS Lapangan COVID-19 Sudah Tampung 23 Pasien(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Untuk diketahui, RS Lapangan ini dibangun dengan dua basis utama, yaitu gedung dan tenda. Satu gedung utama dan lima ruangan berbasis tenda. Kelima tenda tersebut dibagi peruntukannya untuk tenda pasien wanita, tenda pasien pria, tenda screening dan tenda untuk keperluan administrasi.

Sedangkan untuk kesediaan tenaga kesehatan, Pemprov Jatim telah melakukan kolaborasi dengan Ikatan Dokter Indonesia dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia. Bersama IDI dan PPNI telah dilakukan perekrutan tenaga relawan guna pengoptimalan pelayanan medis bagi pasien. Dan hingga saat ini, telah dilakukan pembekalan relawan RS Lapangan untuk gelombang kedua.

Baca Juga: Gugus Tugas Jatim Sediakan RS Lapangan Berkapasitas 500 Pasien

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya