Baru 466 Desa di Jatim yang Sudah Terima BLT-DD

Bantuan yang sudah cair senilai Rp21,432 miliar.

Surabaya, IDN Times - Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Jawa Timur (Jatim) telah cair sebesar Rp21,432 miliar. Dana tersebut sudah disalurkan kepada 35.750 keluarga penerima manfaat (KPM) di 466 desa dari 15 Kabupaten/Kota se-Jatim.

1. Targetkan sebelum Idulfitri BLT-DD tersalurkan merata

Baru 466 Desa di Jatim yang Sudah Terima BLT-DDGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat menggelar konferensi pers di gedung Grahadi, Senin (27/4). Dok.IDN Times/Istimewa

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mendorong agar BLT-DD dapat diterima secara menyeluruh oleh KPM sebelum Hari Raya Idulfitri. Sebab, target yang harus dicairkan ialah Rp2,285 triliun dan akan dibagi untuk 1.265.845 KPM di 7.724 desa.

"Terkait penyaluran BLT-DD ini kami sudah melaporkan kepada Presiden Joko Widodo pada saat video conference bersama seluruh gubernur dan menteri," ujarnya, Rabu (13/5).

"Pak Presiden berpesan agar BLT-DD harus dimaksimalkan dan dipercepat pencairannya sebelum Hari Raya Idul Fitri agar dapat dirasakan betul manfaatnya oleh para KPM untuk memenuhi kebutuhannya," dia menambahkan.

2. Dua hari ini enam kabupaten terima saluran BLT-DD

Baru 466 Desa di Jatim yang Sudah Terima BLT-DDGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menerima bantuan dari BNPB untuk RS Darurat COVID-19. Dok Humas Pemprov Jatim

Seperti halnya dua hari ini, Khofifah mengawal proses pencairan dana BLT-DD yang diberikan kepada warga desa di Kabupaten Blitar, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Lamongan. Dan hari ini melakukan video conference penyaluran BLT DD di Kabupaten Trenggalek, Jombang, Pasuruan dan Mojokerto.

Pembagian BLT-DD dilakukan secara simbolis dan secara virtual dari Gedung Negara Grahadi, Surabaya oleh Gubernur Khofifah pada perwakilan 5 orang perwakilan KPM dari Desa Cangkir, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik serta kepada 5 orang perwakilan KPM dari Desa Badurame, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan.

Baca Juga: Khofifah Kirimkan Bantuan ke Kepulauan Sumenep dengan Kapal Perang

3. Dorong perangkat desa gelar musdes untuk tetapkan KPM

Baru 466 Desa di Jatim yang Sudah Terima BLT-DDGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat menggelar konferensi pers di gedung Grahadi, Senin (27/4). Dok.IDN Times/Istimewa

Selain itu juga dilakukan penyerahan BLT-DD secara simbolis oleh bupati Blitar pada perwakilan 10 KPM di Desa Sidorejo, Ponggok Kabupaten Blitar. Bupati Trenggalek dan bupati Jombang. Tak hanya Penyerahan BLT-DD, Khofifah juga menyerahkan bantuan paket sembako bagi perwakilan KPM.

Agar penyerahan merata, mantan Menteri Sosial ini meminta perangkat desa segera menggelar musyarawah desa (musdes). Setelah itu Desa bisa menyetorkan data warga yang berhak menjadi KPM.

"Kini desa yang sudah melakukan musdes penetapan KPM penerima BLT-DD sudah mencapai 3.357 Desa atau sebesar 43,8 persen," ucap Khofifah.

Baca Juga: BLT DD Sebesar Rp3 Miliar Disalurkan ke 50 Desa di Jawa Timur

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya