Comscore Tracker

Banyak Pasien Masuk RSLI, Stok Oksigen Masih Aman

Pasien di sana tanpa gejala atau gejala ringan

Surabaya, IDN Times - Jumlah pasien COVID-19 yang masuk ke Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya terus bertambah. Namun hal tersebut juga diimbangi dengan banyaknya pasien yang sembuh. Terbukti, 72 pasien kembali 'diwisuda' pada Kamis (1/7/2021).

"Alhamdulillah hari ini wisuda lebih dari 70 orang. Akan memberikan kesempatan puluhan orang dari daftar inden penderita COVID-19 untuk segera masuk dan ditangani oleh RS Lapangan Indrapura.“ ujar Penanggung Jawab Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI), Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara.

1. Jumlah yang dirawat 338 pasien, yang inden 152 orang

Banyak Pasien Masuk RSLI, Stok Oksigen Masih AmanPeresmian RS Lapangan COVID-19 di Jalan Indrapura, Surabaya, Selasa (2/6). Dokumentasi Humas Pemprov Jatim.

Kepulangan yang cukup banyak ini, kata Nalendra, juga memberikan kesempatan bagi puluhan orang terkonfirmasi positif hasil swab PCR. Mengingat kapasitas RSLI 410 tempat tidur atau bed. Adapun hingga saat ini, jumlah tempat tidur yang sudah terisi mencapai 338 pasien. Sedangkan yang mengantre 152 orang.

"Semakin banyak pasien yangsembuh dan bisa dipulangkan, semakin banyak lagi penderita COVID-19 yang bisa segera ditolong dan diberikan perawatan," katanya.

2. Banyak pasien dari klaster keluarga dan institusi

Banyak Pasien Masuk RSLI, Stok Oksigen Masih AmanIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Nalendra menambahkan, meningkatnya jumlah penderita COVID-19 di Jatim terutama di Surabaya banyak yang berasal dari klaster keluarga dan institusi. Jumlahnya sebanyak 65 keluarga dan 14 institusi atau kelompok masyarakat memenuhi RSLI selama sebulan terakhir.

"Tetap konsisten menjalankan protokol kesehatan 5M, menjaga imunitas dengan makan makanan bergizi, banyak vitamin dan berpikir positif, serta terus menjalankan pola hidup bersih dan sehat dengan kebiasaan baru yang disarankan pemerintah," tegasnya.

Baca Juga: Alhamdulillah, Dua Pasien Varian Delta yang Dirawat di RSLI Sembuh!

3. Pastikan stok oksigen aman

Banyak Pasien Masuk RSLI, Stok Oksigen Masih AmanPeresmian RS Lapangan COVID-19 di Jalan Indrapura, Surabaya, Selasa (2/6). (Humas Pemprov Jatim).

Kendati pasien COVID-19 di RSLI Surabaya terus meningkat, pihak rumah sakit memastikan ketersediaan oksigen di sana masih memadai. Kebutuhan oksigen di RSLI memang tidak terlalu banyak karena pasien yang dirawat kondisinya hanya bergejala ringan, sedang, atau bahkan tanpa gejala.

"Sekarang ini stok oksigen masih cukup. Tetapi ada beberapa waktu memang kita kekurangan, dan disupport oleh oksigen dari RSUD dr. Soetomo," beber Penanggung Jawab, Kefarmasian RSLI Surabaya, Halim Priyahau Jaya.

Baca Juga: Pasien COVID-19 di RSLI Bertambah dari Klaster Keluarga

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya