Bandara Juanda Segera Dibuka untuk Jemaah Umrah

Pihak bandara lakukan persiapan dan simulasi

Sidoarjo, IDN Times - Pemerintah akan menambah pintu penerbangan ibadah umrah dalam waktu dekat. Tak hanya melalui Bandara Soekarno - Hatta, Kota Tangerang saja, Bandara Juanda, Sidoarjo juga akan dijadikan keberangkatan dan kepulangan jemaah umrah dari Jawa Timur (Jatim) dan sekitarrnya.

1. Mulai lakukan simulasi

Bandara Juanda Segera Dibuka untuk Jemaah UmrahPekerja Migran Indonesia dari Malaysia yang tiba di Bandara Juanda. Dok. Humas Pemprov Jatim.

Stakeholder Relation Manager Bandara Juanda, Yuristo Ardhi Hanggoro mengatakan, pihaknya sudah mulai melakukan persiapan soal rencana Juanda sebagai opsi keberangkatan dan kepulangan. Beberapa simulasi dan sarana prasarana pun telah siap.

"Salah satunya simulasi flow," ujarnya saat dikonfirmasi IDN Times, Minggu (6/3/2022).

Baca Juga: 25 Jemaah Jatim Berangkat Umrah, Ini Total Biayanya!

2. Persiapannya tak jauh berbeda seperti pelayanan PMI

Bandara Juanda Segera Dibuka untuk Jemaah UmrahDok Pengelola Bandara Juanda

Lebih lanjut, Yuristo menyampaikan kalau aturan dan pelayanan untuk penumpang yang akan melakukan ibadah umrah tak jauh berbeda dengan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Nah, Bandara Juanda sudah mulai membuka pintu internasional untuk PMI sejak akhir Januari tahun ini.

"ecara umum penanganan untuk penumpang umrah tidak jauh berbeda dengan penaganan PMI yang telah berjalan," katanya.

3. Lakukan koordinasi dengan pemerintah hingga aparat

Bandara Juanda Segera Dibuka untuk Jemaah UmrahIlustrasi bandara (IDN Times/Lia Hutasoit)

Terbaru, kata Yuristo, Pangdam V/Brawijaya telah meninjau persiapan Bandara Juanda pada Jumat (4/3/2022) lalu. Dalam tinjauannya itu, sejumlah koordinasi internal maupun dengan instansi terkait untuk mematangkan persiapan umrah ini.

"Bapak Pangdam juga hari Jumat kemarin. Persiapan lain koordinasi melalui pembahasan berasama instansi yang terkait," pungkasnya.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya