Comscore Tracker

Baliho Puan Muncul di Surabaya, Pengamat: Pemanasan Pilpres 2024

Semacam penguatan untuk kampanye udara

Surabaya, IDN Times - Sejumlah baliho dengan gambar Ketua DPR RI, Puan Maharani bermunculan di Surabaya. Berdasarkan informasi yang dihimpun, baliho itu ada di kawasan Pasar Kembang, Dukuh Kupang, Gunungsari, Karah Agung, Kendangsari, Jemur Andayani hingga Menur Pumpungan.

1. Dinilai pemanasan menuju Pilpres 2024

Baliho Puan Muncul di Surabaya, Pengamat: Pemanasan Pilpres 2024Baliho Puan Maharani di sejumlah titik di Surabaya. Dok. Istimewa.

Menurut pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdussalam, baliho-baliho ini pertanda pemanasan menuju Pilpres 2024. Hal ini juga sejalan dengan pernyataan elit PDIP kalau partai berlambang kepala banteng bermoncong putih itu ada niatan mengusung Puan.

"Ya semacam penguatan untuk kampanye udara. Upaya itu juga bisa dibaca sebagai ikhtiar untuk menguatkan basis dukungan internal di basis-basis PDIP," ujarnya tertulis, Minggu (13/6/2021).

Baca Juga: Puan Maharani Klaim Tak Pernah Paksa Megawati Ambil Keputusan

2. PDIP dan Puan memang perlu lakukan ekspansi nasional

Baliho Puan Muncul di Surabaya, Pengamat: Pemanasan Pilpres 2024PDIP daftarkan bacaleg ke KPU (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Munculnya baliho Puan ini, kata Surokim, memang harus dilakukan. Karena PDIP dan Puan sudah waktunya melakukan ekspansi basis dukungan. Tidak lagi sekadar mengandalkan Jawa Tengah yang menjadi basis konstituennya. Jawa Timur dan Jawa Barat yang secara demografis juga sangat menentukan.

"Jadi sudah waktunya ekspansi basis dukungan, daerah-daerah yang punya basis pendukung PDIP kuat seperti Surabaya harus juga menjadi perhatian bagi mbak Puan agar kian dikenal, disukai dan akan membentuk elektabilitasnya," jelas peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) ini.

3. Puan harus tingkatkan kapasitas dan kompetensi komunikasi publik

Baliho Puan Muncul di Surabaya, Pengamat: Pemanasan Pilpres 2024IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Tak hanya kampanye saja, beberapa hal tentunya masih perlu dilakukan oleh Puan untuk menggaet hati publik. Surokim menyebut Ketua PDIP itu perlu meningkatkan kapasitas, kompetensi komunikasi publiknya dan yang paling penting menjadi media darling.

"Agar modal gen darah biru itu juga menjadi komplemen dari kapasitas politik beliau sebagai tokoh nasional," pungkasnya.

Baca Juga: Survei: Prabowo-Puan Paling Ideal, Disusul Ganjar-Erick dan Anies-AHY

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya