Asrama Mahasiswa Nusantara Segera Dibangun di Enam Kota Ini

Biar ga ada sekat kesukuan lagi

Surabaya, IDN Times - Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) segera terwujud di Jawa Timur (Jatim). Pembangunan asrama ini merupakan program pemerintah untuk menyatukan keberagaman. Nantinya akan dibangun di enam daerah.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyambut baik adanya rencana AMN. Pasalnya, pembangunan asrama ini ialah usulannya. Enam AMN akan dibangun di Manado, Makassar, Jakarta, Jogja, Surabaya dan Malang.

"Jatim diberi kesempatan untuk dua asrama mahasiswa nusantara," ujar Khofifah saat di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (4/11).

1. Surabaya disiapkan lahan seluas 1,5 hektare

Asrama Mahasiswa Nusantara Segera Dibangun di Enam Kota IniGubernur Jatim/ Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri sebuah acara di Kota Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

 

Untuk di Surabaya, lanjut Mantan Menteri Sosial ini, pemprov telah menyiapkan lahan di kawasan Siwalan, Wonocolo. Luas lahannya mencapai 1,5 hektare. Sementara di Malang, juga telah disiapkan luasan lahan yang sama oleh Pemprov.

"Ada opsi juga dari Pemkot di Malang, ada opsi lahan dari pemprov. Ulasannya 1, 5 hektar, kalau yang di Malang sama," kata Khofifah.

3. Kapasitas 250-750 mahasiswa

Asrama Mahasiswa Nusantara Segera Dibangun di Enam Kota IniIlustrasi mahasiswa. tuj.aj.cp

 

Sementara konsultan AMN dari Universitas Indonesia (UI), Gumilar mengungkapkan, kapasitas AMN bisa menampung 250 hingga 750 mahasiswa. Di dalam asrama tidak hanya kamar saja. Tapi juga ada perpustakaan dan ruang pembinaan.

"Ruang bina entrepreneurship, di situ mereka dibina nilai kebangsaan, diajak berintegrasi satu sama lain untuk membangun tradisi multikultur, dan nilai-nilai nulti kultur tertanam komitmen pada NKRI," jelasnya.

3. Mereka akan mendapatkan beasiswa

Asrama Mahasiswa Nusantara Segera Dibangun di Enam Kota IniIlustrasi mahasiswa. si-wsj-net.cdn.amnpprojeck.org

 

Lebih lanjut, tim konsultan telah berkoordinasi dengan perguruan tinggi untuk memberikan hadiah kredit SKS bagi mahasiswa yang mau menempati dan bersosialisasi di AMN. Sementara ada ketentuan khusus untuk mahasiswa baru.

"Mahasiswa baru terutama kita akan rekrut dengan selektif dari berbagai daerah seluruh Indonesia, termasuk Papua, Aceh, Kalimantan, Maluku, NTT, semua, dan mencerminkan kebhinnekaan Indonesia di situ, dan mereka rencananya memperoleh beasiswa," tandasnya.

Baca Juga: Asrama Mahasiswa Nusantara Segera Dibangun di Surabaya, Ini Lokasinya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya