Antusiasme Expo BB Membludak, Polda Jatim Segera Buat Aplikasi Online

Ayo siap-siap diunduh

Surabaya, IDN Times - Pagelaran Gebyar Expo Barang Bukti (BB) 2019 di Mapolda Jawa Timur akan berakhir pukul 17.00 WIB, Minggu (29/9). Selama lima hari digelar, pengunjung expo menembus 6.333 orang. Sedangkan barang bukti yang dibawa oleh pengunjung mencapai ratusan unit.

"Selama 5 hari 152 BB ditemukan di sini diambil langsung masyarakat ada roda dua, roda empat dan roda enam," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

1. Segera sediakan aplikasi online berisi informasi barang bukti

Antusiasme Expo BB Membludak, Polda Jatim Segera Buat Aplikasi OnlineIDN Times/Ardiansyah Fajar

Lantaran barang bukti yang dipamerkan di halaman Mapolda Jatim masih banyak, Luki tidak mau penyerahan ini terbatas dengan waktu Gebyar Expo 2019 saja. Dia pun segera menyediakan aplikasi, agar barang bukti ini bisa diambil pemiliknya via daring atau online.

"Kami terus melakukan kegiatan ini. Kami benahi sitemnya. Gunakan online, data dari Polres. (Disediakan) data BB, nomor mesin dan rangka," terang Luki.

2. Karena peminatnya banyak

Antusiasme Expo BB Membludak, Polda Jatim Segera Buat Aplikasi OnlineIDN Times/Ardiansyah Fajar

Jenderal dengan dua bintang emas ini menambahkan, melalui layanan online, diharapkan barang bukti yang sudah lama hilang segera ditemukan pemiliknya. Pihaknya pun ingin lebih optimal melayani masyarakat. Pasalnya, antusiasme pengambilan barang bukti ini bukan hanya dari masyarakat Jatim, tapi ada juga Jateng.

"Dibuka secara online (agar) masyarakat bisa lihat. Ini dalam rangka pelayanan masyarakat lebih baik lagi. Bukan cuma Jatim, Jateng juga ada (pengunjung Gebyar Expo 2019)," ungkap Luki.

Baca Juga: Antusiasnya Korban Curanmor Saat Ambil Barang Bukti di Mapolda Jatim

3. Bisa diunduh di Google Playstore

Antusiasme Expo BB Membludak, Polda Jatim Segera Buat Aplikasi OnlineIDN Times/Ardiansyah Fajar

Terkait aplikasi, lanjut Luki, Polda Jatim segera menyediakan untuk android terlebih dahulu. Nantinya, aplilasi itu bisa diunduh di Google Playstore. Saat ini timnya masih membenahi database barang bukti kendaraan bermotor. Berdasarkan data yang masuk, ada enam ribu lebih barang bukti.

"Database enam ribu sekian. Tiga ribu sudah ditemukan pemiliknya. Kami belum buka online, kami benahi sistemnya. Teknisnya kami akan buka, melalui android bisa. Kami akan transparan," tegas Luki.

4. Gebyar Expo Barang Bukti bakal digelar secara berkala

Antusiasme Expo BB Membludak, Polda Jatim Segera Buat Aplikasi OnlineIDN Times/Ardiansyah Fajar

Luki juga menyampaikan, ke depan Polda Jatim akan menggelar kegiatan Gebyar Expo lagi. Rencananya kegiatan ini dilakukan secara rutin dan berkala. Menurutnya, pagelaran ini penting karena masih maraknya curanmor di Jatim.

"(Expo) akan (kami) lakukan secara berkala. Ini penting, (karena) maraknya pelaku kejahatan curanmor, penipuan, penggelapan," pungkas alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1987 tersebut.

Baca Juga: Kehilangan Kendaraan? Kunjungi Expo Barang Bukti Polda Jatim Ini

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya