Angka Perceraian dan Kematian Ibu Tinggi, Jatim Galakkan Kampung KB

Sudah terdapat 748 Kampung KB

Surabaya, IDN Times - Program Kampung Keluarga Berencana (KB) terus digalakkan oleh BKKBN. Kali ini bertempat di Perkampungan Pagesangan Jambangan Surabaya, BKKBN melakukan sosialisasi yang merangkul kalangan akar rumput, Rabu (26/9). Gunanya yakni menciptakan keluarga yang sehat jasmani maupun rohani. Adanya sosialisasi ini, antusias warga Pagesangan pun tinggi hingga antrean mengular. 

1. Di Jatim sudah terdapat 748 Kampung KB, dan ditambah lagi 625 kampung tahun ini

Angka Perceraian dan Kematian Ibu Tinggi, Jatim Galakkan Kampung KBIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Kabid Adpin BKKBN Jatim, Ernawati menyebut program Kampung KB sudah menyentuh ke 38 kabupaten/kota se-Jatim. Saat ini sudah ada 748 kampung KB yang tersebar. "Setiap kscamatan 1 kampung KB. Target 2018 nambah sasaran di kawasan sangat tertinggal 625 kampung KB. Alhamdulillah September ini sudah 513 Kampung KB," ujarnya.

2. Tingginya angka kematian ibu dan anak serta angka perceraian menjadi pentingnya sosialisasi

Angka Perceraian dan Kematian Ibu Tinggi, Jatim Galakkan Kampung KBIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Erna menambahkan, tujuan adanya program Kampung KB tidak bisa dipungkiri karena faktor masalah keluarga masih banyak. Terlebih, angka kematian ibu/anak dan perceraian dinilai masih tinggi. Nah, kampung KB hadir untuk mengetahui permasalahan keluarga.

"Kalau di Kampung KB sasarannya by name by address. Langsung bisa diintervensi. Kami punya data wanita di bawah 20 tahun itu sekitar 18,9 persen. Banyak kawin muda perceraian besar. Kampung KB dibuat kontrolnya," jelasnya.

Baca Juga: Ternyata Pil Kontrasepsi Bisa Membuat Kamu Cepat Sembuh dari Flu!

3. Program Kampung KB sangat penting untuk ibu-ibu agar bisa menciptakan keluarga sehat

Angka Perceraian dan Kematian Ibu Tinggi, Jatim Galakkan Kampung KBIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi IX Lucy Kurniasari yang turut bersosialisasi menyampaikan kalau program Kampung KB sangat penting bagi ibu-ibu. Menurutnya ibu adalah tiang rumah tangga. Sehingga, ibu perlu menciptakan keluarga yang sehat dan bahagia.

"Untuk mencapai ketentraman dan kebahagian dalam keluarga dibutuhkan isteri yang salehah, yang dapat menjaga suami dan anak-anaknya, serta dapat mengatur keadaan rumah sehingga tempat rapih, menyenangkan, memikat hati seluruh anggota keluarga," pungkasnya.

Baca Juga: Ini Kontrasepsi Pria yang Tingkat Keberhasilannya 100% Tanpa Efek Samping

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya