Comscore Tracker

Anggap Ada Pencurian Identitas, Warga Kediri Lapor ke Polda Jatim

Mereka juga tak masuk dalam DPT

Surabaya, IDN Times - Usai melapor ke KPU Jawa Timur (Jatim), puluhan warga Jambean, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri bergerak ke Markas Kepolisian Daerah (Polda) Jatim, Selasa (12/3). Mereka melaporkan adanya dugaan pencrian data KTP yang membuat nama 32 orang tak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap. Mereka berasumsi bahwa pencurian data indentitas digunakan untuk membuat paspor dengan foto berbeda.

1. Sudah lapor ke Polres Kediri

Anggap Ada Pencurian Identitas, Warga Kediri Lapor ke Polda JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Salah satu warga, Roy Kurnia Irawan (36) mengaku telah melapor ke Polres Kediri sejak Oktober 2018 lalu. Namun, hingga kini belum ada tindakan yang dilakukan. "Itu kemarin kami ini sudah melaporkan ke Polres karena apa data e-KTP yang digunakan untuk ke luar negeri itu adalah data orang lain, bukan data pribadi. Itu dicuri fotonya diganti untuk ke luar negeri," ujarnya saat di Mapolda Jatim.

2. Diduga ada sindikat mafia

Anggap Ada Pencurian Identitas, Warga Kediri Lapor ke Polda JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

Roy menyayangkan bagaimana bisa e-KTP yang sudah menggunakan sidik jari dan dilengkapi rekam digital pada retina, ternyata datanya masih bisa dicuri. "Ini kok ada fotonya saja yang diganti, Ini ada semacam sindikat mafia yang bermain di sini makanya kami tidak akan segan-segan melaporkan," tegasnya.

Baca Juga: Namanya Tak Masuk DPT, 32 Warga Kediri Geruduk KPU Jatim

3. Minta Polda Jatim segera lakukan pengusutan

Anggap Ada Pencurian Identitas, Warga Kediri Lapor ke Polda JatimPixabay/Luctheo

 

Roy juga meminta ke Polda Jatim agar segera mengusut masalah ini. Roy juga meminta Polda Jatim bisa mengambil alih kasus ini dari Polres Kediri, agar kasusnya tidak terbengkalai.

"Kita minta Polda Jatim, mendesak Bapak Kapolda untuk kasus tersebut agar ditarik Polda Jatim biar ditangani Polda Jatim, karena kasus ini kan sudah pekan ke Polres Kediri dan sampai saat ini belum ada tindak lanjutnya dan oknum tersebut masih bebas berkeliaran," ungkapnya.

4. Minta Bawaslu berikan rekomendasi KPU terkait DPT

Anggap Ada Pencurian Identitas, Warga Kediri Lapor ke Polda JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

Roy juga meminta agar Bawaslu segera memberi rekomendasi kepada KPU. Tujuannya, para warga bisa kembali terdaftar pada DPT dan bisa menggunakan hak pilihnya.

"Makanya kita kesini, kita yakin bapak Kapolda akan memberikan keadilan kepada warga. Karena warga ini tidak ada di DPT terancam tidak bisa menggunakan hak pilihnya. Dan ini kita sudah mendatangi KPU juga," pungkasnya.

Baca Juga: 32 Warga Kediri "Nyasar" dalam DPT Luar Negeri, KPU Turun Tangan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You