Comscore Tracker

8 Pasien COVID-19 Varian Delta di RSLI Surabaya Sembuh

Alhamdulillah

Surabaya, IDN Times - Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya telah merawat delapan pasien COVID-19 Varian Delta. Semua pasien yang ditangani dipastikan sudah sembuh. Pasien hasil limpahan dari Bangkalan dan penyekatan Jembatan Suramadu itu pun diizinkan untuk pulang.

1. Semua pasien dinyatakan sembuh dengan negatif COVID-19

8 Pasien COVID-19 Varian Delta di RSLI Surabaya SembuhIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Penanggung Jawab RSLI, Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara mengatakan, semua pasien yang tekonfirmasi telah dirawat dengan baik. Mereka dinyatakan sembuh dan bisa pulang oleh Dokter Penanggung jawab Pasien (DPJP).

"Mereka telah menjalani perawatan lebih dari 10 hari dan dengan swab PCR dua kali negatif mereka dinyatakan sembuh," ujarnya, Kamis (24/6/2021).

2. Pulang tepat 14 hari, ada yang 16 hari tapi tetap isoman di rumah 3-5 hari

8 Pasien COVID-19 Varian Delta di RSLI Surabaya SembuhPeresmian RS Lapangan COVID-19 di Jalan Indrapura, Surabaya, Selasa (2/6). Dokumentasi Humas Pemprov Jatim.

Terkait kepulangan pasien, Nalendra mengungkapkan, dua pasien pulang setelah 14 hari perawatan. Sisanya pulang setelah 15 dan 16 hari perawatan dan pengobatan di RSLI.  Kendati begitu, semua pasien masih wajib isolasi mandiri di rumah 3-5 hari.

"Untuk memastikan kondisinya baik, tidak ada gejala susulan yang muncul serta kondisi tubuh mengalami pemulihan," kata Nalendra.

Baca Juga: Dinkes Jatim Sebut Varian Delta dari Transmisi Lokal

3. Isoman diawasi relawan RSLI hingga dinkes setempat

8 Pasien COVID-19 Varian Delta di RSLI Surabaya SembuhPeresmian RS Lapangan COVID-19 di Jalan Indrapura, Surabaya, Selasa (2/6). Dokumentasi Humas Pemprov Jatim.

Selama menjalani isolasi mandiri tambahan, sambung Nalendra, mereka diawasi oleh puskesmas dan dinas kesehatan setempat. Tak hanya itu, juga mendapatkan dampingan dari Relawan Pendamping PPKPC-RSLI untuk membantu mengatasi permasalahan nonmedis usai pemulangan.

"Masyarakat tidak perlu terlalu takut dengan varian baru, namun demikian harus tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, baik dan benar," pungkasnya.

Menghadapi kondisi sekarang, perlu perubahan  perilaku hidup bersih dan sehat dengan kebiasan baru 5M yang harus ditekankan oleh pemerintah dan dijalankan oleh seluruh warga masyarakat. Semua lapisan masyarakat diharapkan bahu membahu mengatasi kondisi ini, tetap tenang dan tidak panik mencermati situasi yang ada.

Baca Juga: Sempat Dirawat, Istri Pasien Varian Delta di Bojonegoro Meninggal

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya