70 Persen Anak Muda Jatim Tak Kuliah, Emil Tawarkan Program Ini

Jadi gak perlu merantau ke kota-kota besar

Surabaya, IDN Times - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Emil Elestianto Dardak menyebut, sebanyak 70 persen anak muda di Jatim tidak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi alias kuliah. Meski begitu, ia meminta para pemuda untuk tak khawatir. Emil menyebut ada beberapa program yang bisa diikuti oleh untuk generasi millennials dan Z untuk tetap belajar dan berkarya.

1. Salah satu program yang bisa diikuti adalah Gemilang

70 Persen Anak Muda Jatim Tak Kuliah, Emil Tawarkan Program IniWakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, saat mengunjungi Bangsring Underwater. (Dok. Humas Banyuwangi)

Salah satu program yang dimaksud Emil adalah Gerakan Millennial Cemerlang (Gemilang). Program yang diinisiasi oleh para Millennial menggandeng Pemprov Jatim ini akan memfasilitasi anak muda yang ingin  menjadi wirausaha, wiraswasta, bahkan bekerja di daerahnya sendiri tanpa harus merantau ke kota-kota besar.

"Saya hadir memberikan masukan kepada para pemuda agar bisa menyusun plan of action atau rencana tindakan agar berdampak kepada potensi anak-anak muda daerah yang nantinya bisa mentas atau tercapai tujuan usaha maupun bisnisnya," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/2/2021).

Baca Juga: Berliku, Cerita Millennials Surabaya Cari Jodoh Lewat Media Sosial

2. Harapannya bisa wujudkan pebisnis muda

70 Persen Anak Muda Jatim Tak Kuliah, Emil Tawarkan Program IniEmil Elestianto Dardak. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Anak muda yang tidak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi tak perlu berkecil hati, Emil mencontohkan kalau banyak ide cemerlang yang digagas anak muda. Bahkan, beberapa mampu mewujudkan  bisnis ekonomi kreatif hingga usaha di sektor makanan dan minuman.

"Saya punya harapan besar kepada mereka yang ingin mengembangkan usaha maupun bisnis di daerahnya bisa tetap sukses dan besar dengan memaksimalkan potensi yang mereka miliki," kata dia.

3. Akan terus dukung anak muda kembangkan potensi diri

70 Persen Anak Muda Jatim Tak Kuliah, Emil Tawarkan Program IniIDN Times/Triadanti

Emil berjanji, kalau dirinya bersama Gubernur Khofifah Indar Parawansa membawa Pemprov Jatim untuk  terus mendorong, mensupport dan mendukung apa yang menjadi inisiatif dari ide-ide para pemuda. "Utamanya untuk menggali potensi diri dan daerahnya," pungkas mantan Bupati Trenggalek itu.

Baca Juga: Emil Dardak Jadi Orang Pertama di Jatim yang Disuntik Vaksin

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya