7 Daerah Jatim Zona Merah, Keterisian Kamar Mulai Turun

Tujuh daerah zona merah wajib PPKM

Surabaya, IDN Times - Memasuki Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jilid II, Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Timur (Jatim) merilis data terbaru peta risiko. Nah, sekarang ini tercatat ada tujuh daerah yang berstatus zona merah atau tingkat risiko tinggi virus SARS CoV-2, Selasa (26/1/2021).

Adapun tujuh daerah itu Kota Madiun, Kota Blitar, Blitar, Madiun, Trenggalek, Ponorogo dan Magetan. Sementara 31 kabupaten/kota lainnya berstatua zona oranye atau tingkat risiko sedang. Untuk zona kuning dan hijau sekarang ini masih belum ada alias nihil.

1. Tujuh daerah zona merah wajib PPKM

7 Daerah Jatim Zona Merah, Keterisian Kamar Mulai TurunJuru Bicara Satgas COVID-19 Jatim dr Makhyan Jibril. IDN Times/ Dok. Istimewa

Juru Bicara Gugus Kuratif Satgas Penanganan COVID-19 Jatim, dr. Makhyan Jibril Al-Farabi memastikan bahwa tujuh kabupaten/kota yang berstatus zona merah tersebut diwajibkan untuk PPKM. Gunanya untuk menekan angka kasus COVID-19 di daerah itu sehingga bisa turun secara bertahap ke zona oranye.

"Adapun daerah yang akan melaksanakan PPKM tahap II ini yakni daerah yang telah diterapkan sesuai dengan inmendagri, memenuhi empat Kriteria dari KCPEN dan masuk dalam zona merah sesuai dari Gugus Tugas COVID-19 Nasional," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga: Ada 17 Daerah di Jatim Terapkan PPKM Jilid II, Ini Rinciannya

2. Tapi kapasitas keterisian bed mulai menurun

7 Daerah Jatim Zona Merah, Keterisian Kamar Mulai TurunJuru Bicara Satgas COVID-19 Jatim dr Makhyan Jibril. IDN Times/ Dok. Istimewa

Menurut Jibril-sapaan karibnya-- PPKM Jilid I sebenarnya mulai berbuah hasil. Terbukti sekarang ini Bed Ocupancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian kamar di rumah sakit rujukan COVID-19 di Jatim berangsung lengang. Jika di awal PPKM kapasitas keterisian mencapai 70 persen lebih, saat ini sudah turun.

"Per kemarin, alhamdulillah ICU 67 persen, isolasi biasa 69 persen. Mulai tampak penurunan karena awal PPKM isolasi biasa 80 persen dan Isolasi ICU 73 persen," bebernya.

3. Ingatkan perihal prokes untuk tekan angka kasua COVID-19

7 Daerah Jatim Zona Merah, Keterisian Kamar Mulai TurunIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sementara itu, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa berharap dalam PPKM Jilid II masyarakat bisa lebih disiplin protokol kesehatan. Salah satu cara untuk menekan kasus COVID-19 ialah dengan disiplin memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Kembali saya ingatkan untuk terus menjaga protokol kesehatan demi kebaikan dan menjaga keselamatan bersama di masa pandemik COVID-19," tulisnya di Instagram @khofifah.ip, Selasa (26/1/2021).

"Semoga pengorbanan kita ini tidak sia-sia dan angka kasus COVID-19 bisa terus menurun. Aamin," dia melanjutkan.

Sekadar diketahui, kumulatif terkonfirmasi positif di Jatim mencapai 108.017 kasus. Dari jumlah itu sebanyak 92.617 kasus telah dinyatakan sembuh, 7.514 kasus meninggal dunia dan 7.886 masih dalam perawatan alias kasus aktif.

Baca Juga: PPKM Jilid 2, Satgas COVID-19 Surabaya Ajukan 3 Poin Ini ke Pemprov

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya