6 Difabel Netra Ikut UTBK di Unesa

Difasilitasi alat khusus

Surabaya, IDN Times - Enam difabel netra peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) menjalani Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Rabu (10/5/2023). Kampus ini menjadi satu-satunya lokasi UTBK difabel netra se-Jawa Timur (Jatim).

"Disabilitas (netra) se-Jatim (lokasinya) hanya Unesa. Untuk mempermudah layanan, kami kumpulkan satu sesi. Kami  menggunakan alat khusus," ujar Kepala Sub Direktorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa, Sukarmin.

Sementara itu, Humas Unesa, Vinda Maya Setianingrum mengatakan, kalau Unesa memang ditunjuk sebagai pelaksanaan UTBK bagi difabel netra karena sesuai kriteria. Vinda bilang, mulanya ada sekitar 30 lebih yang daftar UTBK difabel Unesa.

"Tapi setelah verifikasi, mereka banyak yang salah pilih. Akhirnya ketemu sembilan peserta saja," katanya.

Sembilan peserta ini pun dihubungi untuk diberi tahu terkait UTBK di Unesa. Ternyata tiga orang difabel tidak ada kejelasan. Pihak panitia UTBK sudah berusaha menghubungi namun tak kunjung ada respons hingga hari pelaksanaan tes.

"Yang ikut tadinya sembilan, tapi tiga peserta gak ada kabar. Terakhir hanya enam peserta saat ini yang ikut," kata dia.

Difabel netra yang ikut UTBK di Unesa, sambung Vinda, domisilnya pun tidak jauh dari kampus. Ada yang dari Gresik, ada juga yang dari Sidoarjo. Nah, dari enam yang tes, dua di antaranya ternyata saudara kembar.

"Ada yang kembar, semuanya tuna netra. Mereka berasal dari SMA Muhammadiyah Gresik," ucap dia.

Terkait penerimaan mahasiswa difabel, Unesa sendiri tidak memberi batasan kuota. Unesa memberikan pintu selebar-lebarnya. Tahun lalu saja, Unesa menerima sebanyak 18 difabel. Semuanya melalui tes yang disesuaikan oleh Kemendikbud Ristek.

Baca Juga: Ratusan Peserta UTBK di UB Bolos pada Hari Kedua Ujian

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya