5.771 GTT Jatim Lolos PPPK Tahap 1

11.220 kuota untuk PPPK guru di Jatim

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 5.771 Guru Tidak Tetap (GTT) dinyatakan lolos tes kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian  Kerja (PPPK) tahap I di Jawa Timur (Jatim). Maka, secara otomatis akan ada seleksi pada tahap selanjutnya. Karena kuota yang disediakan sebanyak 11.220 untuk PPPK guru di Jatim.

1. Tahap II untuk GTT yang belum lolos dan masyarakat yang mempunyai sertifikasi guru

5.771 GTT Jatim Lolos PPPK Tahap 1(Ilustrasi. Aktivitas mengajar di sebuah sekolah di Brebes) IDN Times/Haikal Aditya

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Wahid Wahyudi mengatakan, pada tahap II akan ada beberapa persyaratan bagi peserta yang ingin merebutkan sisa kuota yang tersedia. Syarat pertama ialah GTT yang belum lolos tahap I. Kedua, masyarakat umum yang memiliki sertifikasi guru.

“Kalau tahap kedua masih ada sisa kuotanya, maka akan diadakan tahap III,” ujar Wahid, Mingggu (17/10/2021). Oleh karena itu, sambung dia, pihaknya berharap untuk tahap ke II kuota dapat terpenuhi.

Baca Juga: 71 Ribu Guru Honorer Jatim Pengin Diangkat PPPK

2. Mereka harus bisa lewati passing grade agar lolos PPPK

5.771 GTT Jatim Lolos PPPK Tahap 1Ilustrasi guru pppk (IDN Times/Hilmansyah)

Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim itu mengingatkan, bagi pelamar PPPK Guru selain menehuni syarat utama, juga hars dapat melewati nilai ambang batas (passing grade). “Kenapa passing grade harus diadakan, supaya guru-guru yang diterima lewat PPPK  ini adalah guru guru yang memiliki kompetensi,” jelasnya.

“Karena kita ingin meningkatkan pengembangan sumber daya manusia menjadi SDM yang unggul," Wahid menambahkan.

3. Pendaftar tahap I capai 27.278 GTT

5.771 GTT Jatim Lolos PPPK Tahap 1Ilustrasi, Peserta CPNS dan PPPK di Jatim. Dok. Humas Pemprov Jatim.

Sekadar diketahui pada tes kempetensi PPPK guru Jatim tahap pertama, pendaftarnya mencapai 27.278 guru tidak tetap (GTT). Jumlah ini tentunya melebihi kuota yang ada, karena hanya tersedia 11.220 saja. Tapi, dari 27.278 GTT yang lolos hanya 5.771 orang.

Baca Juga: Guru Madin Jatim Sambat, Dewan Bantu di Raperda Pesantren

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya