28 CJH Lansia Terbang Via Juanda, Ada Kursi Roda dan Lift Khusus

Mereka tergabung dalam kloter 1 Embarkasi Surabaya

Sidoarjo, IDN Times - Manajemen Bandara Juanda berbenah menyambut musim haji 2023. Pelayanan bagi para jemaah ditingkatkan. Salah satu yang menjadi perhatian ialah pelayanan untuk para jemaah lanjut usia (lansia).

Berdasarkan data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, ada sebanyak 28 jemaah lansia yang tergabung dalam kloter 1. Kloter 1 sendiri terdiri dari 445 jemaah asal Bangkalan serta lima petugas haji. Total jemaah yang berangkat ialah 450 orang.

General Manajer Bandara Juanda, Sisyani Jafar mengatakan, kalau pihaknya secara khusus menyediakan kursi roda bagi jemaah lansia. "Lansia sudah disiapkan tim, dari bus disiapkan kursi roda," ujarnya saat mengecek kesiapan akhir Bandara Juanda, Rabu (24/5/2023).

Tak hanya kursi roda saja, Sisyani memastikan para lansia ini akan diantar menggunakan kursi roda hingga pesawatnya. Ketika naik pesawat, jemaah lansia akan dibantu dengan lift khusus.

"Untuk naik ke pesawat disiapkan passenger lift, jadi sudah ada alat sendiri untuk jemaah haji lansia," kata dia.

Kesiapan untuk jemaah haji lansia memang menjadi perhatian serius tahun ini. Sebab, pemerintah melalui Kementerian Agama membuat kebijakan baru kalau tidak ada batasan umur pada pelaksanaan haji tahun ini.

Keberangkatan jemaah pada kloter pertama ini menggunakan pesawat jenis Boeing 747-400 yang bermuatan 450 kursi. Pesawat dijadwalkan take-off pukul 09.15 WIB. Nah, lima kursi yang tersisa akan dipakai oleh para petugas haji. Pada kloter I ada empat laki-laki dan satu perempuan.

Selain kloter pertama tersebut, Embarkasi Surabaya tahun 2023 ini akan melayani jemaah haji sejumlah 36.928 orang yang tergabung di 84 kloter. Jemaah dari Jatim  35.152 orang, Bali 698 orang, dan dari NTT 668 orang serta petugas kloter 420 orang.

Baca Juga: Dear Jemaah Haji: Harus Jaga Kondisi karena Suhu di Arab Capai 45°C

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya