Comscore Tracker

25 Jemaah Jatim Berangkat Umrah, Ini Total Biayanya!

Makin mahal apa standar nih?

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 25 jemaah umrah asal Jawa Timur (Jatim) dipastikan berangkat ke Tanah Suci untuk menjalani ibadah umrah, Rabu (12/1/2022). Semua jemaah tersebut dipastikan telah menjalani karantina di Jakarta.

1. Sebanyak 25 jemaah umrah Jatim berangkat dari Jakarta siang ini

25 Jemaah Jatim Berangkat Umrah, Ini Total Biayanya!Ilustrasi jemaah menunaikan umrah di saat pandemik COVID-19. Twitter.com/@HaramainInfo

Wakil Ketua Bidang Usaha DPP Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (Amphuri), Echwan Siswadi mengatakan, para jemaah dari daerah termasuk Jatim, harus berangkat dulu ke Jakarta. Mereka diwajibkan menjalani karantina satu hari sebelum berangkat umrah.

"Karena semua keberangkatan dari Jakarta. Hari ini juga berangkat dari Jakarta sekitar jam satu (13.00 WIB). Jatim hari ini sedikit, dapat jatah 25 orang," ujarnya saat dihubungi via telepon, Rabu (12/1/2022).

Baca Juga: Harap Bersabar, Haji Tahun Ini Belum Pasti!

2. Sejak akhir tahun 2021 mulai ada pergerakan pemberangkatan umrah

25 Jemaah Jatim Berangkat Umrah, Ini Total Biayanya!Jemaah Umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19 (Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny)

Sebenarnya, sambung Echwan, bukan kali pertama Amphuri memberangkatkan jemaah umrah ke Arab Saudi. Berdasarkan catatannya, ada sebanyak 200 jemaah umrah asal Jatim yang berangkat pada 29 dan 31 Desember 2021 lalu.

"Akhir Desember lalu sekitar 200-an (jemaah). Hari ini 25 jemaah (Jatim). Nanti tanggal 26 (Januari) ada lagi," kata dia.

3. Biaya umrah membengkak karena ada kewajiban karantina, total perjalanan capai 25 hari

25 Jemaah Jatim Berangkat Umrah, Ini Total Biayanya!Ilustrasi. Jemaah Umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19. Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny

Lebih lanjut, Echwan mengungkapkan kalau pelaksanaan umrah di tengah pandemik COVID-19 sangat berat. Karena jemaah diwajibkan karantina dengan biaya mandiri. "Karantinanya cukup lama, yang berangkat hari ini, kemarin sudah sampai Jakarta untuk karantina sehari," bebernya.

"Begitu sampai Madinah, karantina tiga hari. Pulang sampai Jakarta, karantina 10 hari. Total perjalanan (umrah) 25 hari," dia melanjutkan.

Semua karantina di Jakarta, baik sebelum dan sesudah umrah ditanggung jemaah dengan harga Rp8 - 9 juta. Sedangkan karantina di Madinah masuk dalam harga paket perjalanan umrah. Nah, umrah sendiri dipatok kisaran Rp24 - 27 juta untuk tiap jemaah.

Baca Juga: Pintu Umrah Dibuka, Jatim Belum Siap

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya