2.000 Relawan Iringi Pendaftaran Machfud-Mujiaman ke KPU Surabaya

Para relawan berdiri mulai posko pemenangan hingga KPU

Surabaya, IDN Times - Bakal Calon Wali dan Bakal Calon Wakil Wali Kota Surabaya Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno resmi mendaftarkan diri ke KPU Kota Surabaya, Minggu (6/9/2020). Ribuan pendukung mereka berdiri di sepanjang jalan, mulai posko pemenangan di Jalan Basuki Rahmat hingga Kantor KPU Kota Surabaya, Jalan Adityawarman. Mereka melambaikan tangan sembari membawa bendera merah putih mini mengiringi keberangkatan paslon tersebut.

1. Mulanya pendukung hanya menyambut sepanjang jalan dari posko hingga KPU

2.000 Relawan Iringi Pendaftaran Machfud-Mujiaman ke KPU SurabayaBakal Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin (kiri) dan Bakal Calon Wakil Wali Kota Surabaya Mujiaman Sukirno saat mendaftar ke KPU, Minggu (6/9/2020). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Pembina Relawan Machfud Arifin Arek Suroboyo (Remaas), drg David Adreasmito mengatakan, ada 2.000 relawan yang terlibat dalam penyambutan keberangkatan Machfud-Mujiaman. Mereka terlihat memakai masker, face shield, dan membawa hand sanitizer.

"Ini merupakan inisiatif mereka sendiri. Mereka ingin memberikan dukungan tanpa melanggar protokol kesehatan," ujarnya.

2. Pendukung Machfud-Mujiaman sempat berkerumun saat antarkan ke KPU

2.000 Relawan Iringi Pendaftaran Machfud-Mujiaman ke KPU SurabayaPara relawan Machfud Arifin dan Mujiaman Sukirno yang mengiringi hingga kantor KPU Surabaya, Minggu (6/9/2020). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sayangnya, di sekitar Kantor KPU Kota Surabaya para massa pendukung tidak bisa menahan diri. Mereka berkerumun sembari berjalan mengiringi Machfud-Mujiaman hingga gerbang pagar KPU Surabaya. Tapi, kerumunan itu hanya sesaat. Ketika Machfud-Mujiaman masuk mendaftar, mereka membubarkan diri.

Baca Juga: Ritual Khusus Mujiaman, Sungkem ke Ibu Jelang Daftar ke KPU Surabaya

3. Pendaftaran berlangsung satu jam lebih, paslon langsung memakai busana Sawunggaling

2.000 Relawan Iringi Pendaftaran Machfud-Mujiaman ke KPU SurabayaBakal Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin (kiri) dan Bakal Calon Wakil Wali Kota Surabaya Mujiaman Sukirno saat mendaftar ke KPU, Minggu (6/9/2020). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Pendaftaran Machfud-Mujiaman berlangsung lebih dari satu jam. Keduanya tiba di Kantor KPU Surabaya sekitar pukul 16.30 dan baru selesai pada pukul 17.40 WIB.

Setelah menyelesaikan verifikasi pendaftaran, Machfud dan Mujiaman langsung memakai busana Sawunggaling. Pakaian khas Adipati Surabaya yang mempunyai simbol seorang pahlawan jujur, gagah dan berani.

Baca Juga: Sebelum Daftar ke KPU, Machfud Arifin Ziarah ke Makam Orangtuanya

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya