1.700 Massa Aksi 22 Mei Dipulangkan, 12 Molotov dan 6 Clurit Disita

Ada 8000 personel yang disiapkan

Surabaya, IDN Times - Kabid Humas Polda Jawa Timur (Jatim), Kombes Pol Frans Barung Mangera menyampaikan bahwa jajaran polisi telah memulangkan 1.700 orang rombongan aksi 22 Mei Jakarta. Belasan ribu massa itu terjaring ketika sweeping di berbagai wilayah se-Jatim.

"Totalnya sudah 1.700 orang yang dipulangkan," ujar Barung, Rabu (22/5).

1. Polisi sita 12 bom molotov

1.700 Massa Aksi 22 Mei Dipulangkan, 12 Molotov dan 6 Clurit DisitaDok.IDN Times/Istimewa

 

Tak hanya 17.000 orang massa saja, perwira dengan tiga melati emas ini juga menyita 12 botol bom molotov dari para massa ini. Pihaknya pun telah mengamankan barang bukti itu, tapi tidak ingin membeberkan dari kelompok massa daerah mana.

"12 botol bom molotov, yang jelas dari para rombongan," kata Barung.

2. Polisi juga amankan 6 clurit

1.700 Massa Aksi 22 Mei Dipulangkan, 12 Molotov dan 6 Clurit DisitaInstagram/humaspoldajatim

 

Selain bom molotov, polisi juga mengamankan senjata tajam (sajam) dari para rombongan massa aksi 22 Mei Jakarta asal Jatim. Namun, pihaknya tidak menahan satu orang pun dari rombongan ini.

"Enam clurit yang kita temukan sebagai hasil pencegatan dan pemeriksaan. Belum kita terapkan tersangka, karena alatnya belum digunakan," ucap Barung.

3. Polisi siapkan 8.000 personel keamanan

1.700 Massa Aksi 22 Mei Dipulangkan, 12 Molotov dan 6 Clurit DisitaInstagram/humaspoldajatim

 

Melihat kondisi di Jakarta, Barung mengatakan polisi kembali memperketat keamanan di Jatim. Padahal para personelnya sebelumnya sudah dicabut pada Selasa (21/5) malam.

"Karena situasi Jatim, maka kita kembalikan lagi ke Suramadu (dan beberapa daerah Jatim) ada yang siaga jumlahnya 8.000 (personel) lebih sedikit," terang Barung.

Tak hanya itu, Polda Jatim sebelumnya juga mengirim beberapa personel untuk bantuan jaga kondusifitas di Jakarta. "Ada 700 yang di Jakarta, dari 200 Brimob dan 500 Sabhara," tambah Barung.

4. Polisi akan terus lakukan sweeping dan imbau warga Jatim tidak ikut aksi

1.700 Massa Aksi 22 Mei Dipulangkan, 12 Molotov dan 6 Clurit DisitaIDN Times/Nofika Dian Nugroho

 

Barung juga menyampaikan pesan Kapolda Jatim, Ijren Pol Luki Hermawan yang mengimbau agar warga Jatim tidak terlibat aksi 22 Mei Jakarta. Polisi pun tudak segan melakukan razia, menghalangi, bahkan memulangkan warganya jika masih nekat berangkat ke Jakarta.

"Inilah yang dimaksud oleh Kapolda Jatim, bahwa adanya settingan kerusuhan yang sekarang diselidiki oleh Mabes Polri dan Polda Metro Jaya," tandas Barung

Baca Juga: 87 Massa yang Hendak Ikut People Power Dipulangkan Polisi Madiun

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya