1.500 PMI Tiba di Jatim, 907 Sudah Jalani Tes Swab 

Hasil swab empat PMI Malaysia positif COVID-19

Surabaya, IDN Times - Kepala Pelaksana Relawan Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, Radian Jadid menyampaikan bahwa telah dilakukan rapat koordinasi penanganan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang mudik ke Jawa Timur (Jatim), Senin (3/5/2021).

Baca Juga: Mudik di Masa Pandemik, 2 PMI Asal Madiun Rela Karantina Berlapis

1. Ada 1.500 PMI yang tiba, 907 PMI sudah swab

1.500 PMI Tiba di Jatim, 907 Sudah Jalani Tes Swab Ilustrasi Swab Test. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Jadid--panggilan karibnya- mendapatkan sejumlah data dari Satgas Penanganan PMI Jatim. Hingga Senin (3/5/2021) pagi, sebanyak 1.500 PMI yang telah tiba di Jatim melalui pintu masuk Bandara Juanda. Dari jumlah itu, 907 PMI sudah menjalani tes swab PCR. Sisanya masih menunggu giliran.

"Asal PMI dari Malaysia, Singapura dan Brunei," ujarnya tertulis.

2. Hasilnya ada empat PMI Malaysia positif COVID-19

1.500 PMI Tiba di Jatim, 907 Sudah Jalani Tes Swab tribun news

Pihaknya juga membenarkan, dari 907 PMI yang sudah diswab ada empat orang yang terkonfirmasi positif COVID-19. Keempat PMI yang datang dari Malaysia itu sekarang sedang menjalani perawatan di RSLI Surabaya.

"Hingga kini ada empat yang dirawat, tiga laki-laki dan satu perempuan," ucapnya.

3. Keempatnya diisolasi di ruang berbeda, sampel PCR dikirim ke Litbangkes

1.500 PMI Tiba di Jatim, 907 Sudah Jalani Tes Swab Ilustrasi ruang isolasi pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/Jojon)

Sebelumnya, Kepala RSLI Surabaya, Laksamana Pertama dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara menyampaikan kalau keempat PMI tersebut dirawat di ruang isolasi berbeda. Hal ini untuk antisipasi varian baru COVID-19 yang dibawa.

Nah, guna memastikan varian itu RSLI mengirim sampel swab keempat PMI ke Litbangkes Jakarta. Nantinya, sampel tersebut akan diteliti lebih lanjut oleh peneliti di sana.

"Jangan sampai COVID-19 yang bersumber dari luar negeri membawa dan menebarkan varian baru yang lebih berbahaya di Indonesia," tegas Nalendra

"Juga perlu saya tekankan, bahwa menghadapi COVID-19 ini kuncinya tetap pada ketaatan dalam menjalankan protokol kesehatan," pungkas dia.

Baca Juga: Empat PMI Malaysia Mudik ke Jatim Positif COVID-19, Diisolasi Terpisah

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya