Comscore Tracker

15 Nama Potensial Maju Pilkada Jatim 2024 Mulai Dimunculkan 

Khofifah, Risma, Emil Dardak di antaranya

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 15 nama mencuat dalam Focus Group Discussion (FGD) Political Centre. Mereka digadang menjadi Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jawa Timur (Jatim) pada Pilkada 2024 mendatang.

1. Khofifah, Risma dan Emil bersaing ketat

15 Nama Potensial Maju Pilkada Jatim 2024 Mulai Dimunculkan Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak. IDN Times/Margith Juita Damanik

Direktur Eksekutif Political Centre, Nor Rahman mengatakan, pertimbangan memunculkan 15 nama itu mengacu pada beberapa hal. Mulai ketokohan, pengalaman dalam pemerintahan legislatif atau ekskutif, serta progresnya dalam menjalankan kepemimpinan di level masing-masing.

Nama yang dianggap masih kuat adalah sang petahana, Khofifah Indar Parawansa. Dia dinilai masih berpotensi maju lagi pada periode kedua. "Tinggal pilihannya mau ke mana, lanjut sebagai Cagub atau naik level ke Capres atau Cawapres," ujarnya, Senin (7/6/2021).

Nama kedua yakni Menteri Sosial dan Wali Kota Surabaya dua periode, Tri Rismaharini juga mempunyai kans dalam Pilkada Jatim 2024 mendatang. Kepemimpinannya juga dinilai sukses oleh banyak kalangan.

"Bukan hanya dianggap layak di Jatim, tapi namanya juga sering muncul sebagai Cagub DKI Jakarta, dan bahkan juga masuk nominasi Capres," kata Nor Rahman.

Ketiga, Emil Elestianto Dardak. Selain saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur, Emil juga pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek. "Dan sekarang juga sebagai Plt Partai Demokrat Jatim," ucap dia.

Kemudian, ada nama Hasan Aminuddin, yang memiliki pengalaman cukup panjang dalam dunia politik di Jawa Timur. "Pak Hasan ini pernah DPRD Probolinggo, Bupati Probolinggo dua periode, saat ini juga anggota DPR RI, jadi beliau juga sudah tidak diragukan lagi," bebernya.

Baca Juga: KPU Usulkan Pemilu 2024 Digelar 21 Februari

2. Gus Halim, Gus Ipul hingga Sekda Heru berpotensi

15 Nama Potensial Maju Pilkada Jatim 2024 Mulai Dimunculkan ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Selanjutnya ada nama Abdul Halim Iskandar. Politisi yang akrab disapa Gus Halim saat ini menjabat sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT). Dia juga pernah menjabat Ketua DPRD Jatim, dan masih aktif sebagai Ketua DPW PKB Jatim.

Lalu disusul nama Saifullah Yusuf yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Pasuruan. Gus Ipul--panggilan karibnya- ini pernah menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur selama dua periode berturut-turut mendampingi Soekarwo.

Berikutnya ada nama Heru Tjahjono, pria yang sekarang menjadi Plh Sekda Provinsi Jawa Timur. Heru memiliki pengalaman yang panjang dalam dunia birokrasi. "Dia juga pernah menjabat sebagai Bupati Tulungagung selama dua periode," ucapnya.

3. Ada nama Ridwan Hisyam, Qosasi dan Said Abdullah

15 Nama Potensial Maju Pilkada Jatim 2024 Mulai Dimunculkan Ilustrasi bendera partai politik (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Ada pula nama politisi senior Partai Golkar yang saat ini menjabat sebaga anggota DPR RI, Ridwan Hisyam. Dia dinilai memiliki pengalaman politik yang cukup panjang, bahkan pernah bertarung dalam Pilgub Jatim 2008 yang maju berpasangan dengan almarhum Sutjipto.

Sosok Achsanul Qosasi juga masuk dalam nominasi, mantan anggota DPR RI ini saat ini sedang menjabat sebagai Anggota BPK RI. Pria kelahiran Sumenep, Madura ini selain berkiprah dalam dunia politik juga aktif memimpin klub sepak bola di Madura.

Muncul nama MH. Said Abdullah, politisi PDIP saat ini menjabat sebagai   Ketua Banggar DPR RI. "Pernah maju dalam gelaran Pilgub Jatim berpasangan dengan Pak Bambang DH," tukasnya.

4. Kemudian muncul Anwar Sadad hingga Bupati Thoriq

15 Nama Potensial Maju Pilkada Jatim 2024 Mulai Dimunculkan Bupati Lumajang Thoriqul Haq (ANTARA FOTO/HO-Diskominfo Lumajang)

Berikutnya, Wakil Ketua DPRD Jatim dan sekaligus Plt Ketua Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad memiliki pengalaman di dunia politik cukup matang, menjabat anggota DPRD Jatim sudah beberapa periode mulai sebelum berlabuh di Partai Garindra.

Selain itu ada Anggota DPR RI sekaligus Ketua DPD Golkar Jatim, Muhammad Sarmuji, Kemudian Baddrut Tamam saat ini Bupati Pamekasan. K.H. Ach. Fadil Muzakki anggota DPR RI. Dan terakhir, Thoriqul Haq saat ini menjabat Bupati Lumajang. "Ini menunjukkan bahwa Jatim memiliki banyak calon pemimpin, dan itu juga memberikan banyak pilihan ke masyarakat," pungkasnya.

Baca Juga: Tolak Revisi UU PIlkada, Kemendagri Ingin Pilkada Serentak Tetap 2024

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya