14 DPC Dukung Eri-Armuji, NasDem: Bukan Pengurus, Kami Proses Hukum!

Para DPC merasa tak diajak koordinasi

Surabaya, IDN Times - Setelah gejolak akar rumput PDI-Perjuangan yang digawangi Mat Muchtar dengan Banteng Ketaton membelot dukungan ke pasangan calon nomor urut 2 Pilkada Surabaya, Machfud Arifin-Mujiaman, kini giliran Partai NasDem. Suherman yang mengklaim dirinya sebagai Ketua DPC NasDem Tandes menyebut ada 14 DPC atau pengurus tingkat kecamatan menyatakan sikap dukungan ke paslon nomor urut 1 yaitu Eri Cahyadi dan Armuji.

1. Tegaskan dukung Eri-Armuji karena merasa tidak diajak koordinasi

14 DPC Dukung Eri-Armuji, NasDem: Bukan Pengurus, Kami Proses Hukum!Bacawali-Bacawawali Kota Surabaya dari PDIP, Eri Cahyadi-Armuji saat mendaftarkan diri di KPU Surabaya, Jumat (4/9/2020). IDN Times/Fitria Madia

Paslon yang didukung oleh 14 DPC NasDem Surabaya ialah Eri Cahyadi-Armuji. Padahal dalam kontestasi Pilkada Surabaya, paslon yang satu ini secara resmi hanya diusung PDIP saja. Sementara Nasdem mengusung kubu Machfud-Mujiaman beserta tujuh partai politik lainnya.

“Kami 14 DPC NasDem siap memenangkan pasangan Eri Cahyadi-Armuji, itu sudah menjadi tekad kami," ujar Suherman, Kamis (12/11/2020).

Suherman menegaskan, bahwa 14 DPC Nasdem yang mengambil sikap mendukung duet mantan Kepala Bappeko dan Ketua DPRD Kota Surabaya siap menerima konsekuensi dari partai atas sikapnya. Alih dukungan ini dipicu lantaran pihaknya tidak pernah diajak koordinasi terkait pemenangan paslon Machfud-Mujiaman.

"Kami siap menerima segala konsekuensi dari langkah ini. Bukan tidak beralasan, langkah ini sebagai bentuk protes karena perlakuan semena-mena dan tidak menghargai perjalanan kami selama 5 tahun terakhir," tegasnya.

2. NasDem Surabaya sebut mereka bukan lagi pengurus dan akan di bawah ke ranah hukum

14 DPC Dukung Eri-Armuji, NasDem: Bukan Pengurus, Kami Proses Hukum!Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji usai tes kesehatan, Selasa (8/9/2020). Dok istimewa

Terpisah, Ketua DPD NasDem Surabaya, Robert Simangunsong menegaskan bahwa Suherman dan 13 Ketua DPC yang menyatakan sikap dukungan ke Eri-Armuji bukan lagi struktural partai. Sebab, kepungurusan sudah diganti sejak 15 Juli lalu. Ketua DPC Nasdem Tandes sekarang ini dijabat Hendro Mudjianto.

"Itu bukan DPC kita, sudah (ganti). SK DPC yang baru itu sudah ada tanggal 15 Juli.

Mereka bukan pengurus ini, itu penipu itu semua," ungkap Robert.

Dia menyampaikan bahwa Nasdem Surabaya 100 persen mendukung paslon nomor urut 2. Pernyataan sikap yang mengklaim dirinya pengurus Nasdem hanyalah upaya untuk menggoyang internal partai. Pihaknya pun berencana membawa klaim tersebut ke jalur hukum. Karena mengaku pengurus padahal sudah bukan.

"Akan kita proses secara hukum itu, tapi kita lihat dulu apa mereka waras atau tidak waras, kalau gak waras gak bisa diproses di kepolisian," ucapnya.

"Kemarin kita bahas, jangan-jangan gak waras, sudah gaj jadi ketua jadi gila terus mengaku-ngaku," Robert melanjutkan.

Baca Juga: Kakak Kandung Whisnu Sakti Buana Dukung Machfud di Pilkada Surabaya

3. Nasdem Jatim sebut Surabaya solid dukung Machfud-Mujiaman

14 DPC Dukung Eri-Armuji, NasDem: Bukan Pengurus, Kami Proses Hukum!Bacawali Surabaya Machfud Arifin saat ziarah ke makam orangtuanya di TPU Keputih. IDN Times/Dok. Istimewa

Sementara itu, Wakil Ketua DPW Nasdem Jatim, Vinsensius Awey menilai kejadian ini hanyalah dinamika politik. Menurutnya, riak-riak kecil itu tidak akan berdampak apa pun. Sampai detik ini kader-kader dan seluruh jajaran struktur DPC yang baru maupun DPD Nasdem Surabaya masih solid.

"Masih all out di lapangan terus menerus membangun dukungan suara di masyarakat bagi pasangan MAJU (Machfud-Mujiaman)," kata dia.

Yang memunculkan gejolak, lanjut Awey, hanya segelintir orang yang dulu pernah berjuang bersama Nasdem. Kini mereka memilih jalur perjuangan sendiri. Dia menekankan, Nasdem Surabaya di bawah kepemimpinan Robert masih solid.

"Kakak-kakak kader Nasdem surabaya masih solid dalam garis perjuangan partai dan tunduk pada keputusan Ketum," pungkasnya.

Baca Juga: Resmi Jadi Kader PDIP, Risma Beri Dua Mandat ke Eri Cahyadi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya