129 PMI dari Malaysia Tiba di Juanda

Mereka wajib swab dan karantina

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 129 Pekerja Migran Indonesia (PMI) kedatangan dari Malaysia tiba di Terminal 2 Kedatangan Internasional Bandara Juanda pada Sabtu (22/1/2022). Para PMI yang tiba di Jatim ini diwajibkan mematuhi protokol kesehatan. Seperti tes swab PCR hingga karantina.

"Hari Sabtu  sebanyak 129 PMI termasuk anak-anak dan bayi datang dari Negara Malaysia. Ada percepatan yang semula kedatangan tanggal 26 Januari, tapi maju 22 Januari 2022. InsyAllah kami siap membantu memfasilitasi PMI," ujar Gubernur Khofifah Indar Parawansa, tertulis Minggu (23/1/2022).

1. PMI yang datang wajib swab PCR dan karantina

129 PMI dari Malaysia Tiba di JuandaPekerja Migran Indonesia dari Malaysia yang tiba di Bandara Juanda. Dok. Humas Pemprov Jatim.

Terkait mekanisme, Khofifah menyampaikan, setelah tiba di Terminal 2 Internasional Juanda, PMI langsung swab PCR dengan estimasi antrean maksimal satu jam. Ketika menunggu hasil swab PCR, PMI dilarang makan dan minum. Apabila terkonfirmasi positif, akan dirujuk ke RSUD dr Soetomo.

Sedangkan PMI yang negatif dikarantina di Asrama Haji Surabaya. Khusus PMI yang berada di asrama haji akan dikarantina selama tujuh hari, setelah itu diperbolehkan pulang secara mandiri atau dijemput pemda asal mereka.

"Berbagai kesiapsiagaan telah dilakukan. Dan semua ini sudah disimulasikan secara matang. InsyaAllah kami bersama tim secara kolektif  ikut mengawal dan mengawasi kedatangan dan penanganan  PMI," katanya.

Baca Juga: PMI Akan Pulang Via Juanda, Pemprov Siapkan 'Tameng'

2. Ada tiga tempat karantina di Surabaya

129 PMI dari Malaysia Tiba di JuandaPekerja Migran Indonesia dari Malaysia yang tiba di Bandara Juanda. Dok. Humas Pemprov Jatim.

Mantan Menteri Sosial ini memastikan, ketersediaan tempat tidur atau bed di asrama haji dinilai cukup memadai. Yakni sebanyak 650 bed. "Itu bisa untuk empat kali kedatangan PMI," ucap Khofifah. Jika kuota penuh, ada dua opsi lain. Yakni di gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pemerintah Kemendikbud  dan Diklat Kemenag.

3. Hotel jadi opsi tambahan untuk karantina

129 PMI dari Malaysia Tiba di JuandaPekerja Migran Indonesia dari Malaysia yang tiba di Bandara Juanda. Dok. Humas Pemprov Jatim.

Selain tiga tempat karantina tersebut, pemprov ternyata masih punya cadangan lain. Khofifah mengatakan, PMI dapat memakai hotel yang sudah disediakan pemerintah. "Kurang lebih ada 27  hotel yang akan disediakan untuk karantina PMI sedangkan untuk nonPMI disediakan di enam hotel," tuturnya.

Adapun setelah kedatangan PMI dari Negara Malaysia, selanjutnya diperkirakan sebanyak 164 PMI asal kedatangan dari Brunei Darussalam dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Juanda pada 28 Februari 2022 mendatang.

Baca Juga: Penerbangan Internasional Bandara Juanda Siap Buka untuk PMI  

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya