100 Bus Antarkan 3.650 Warga Jatim Mudik dari Surabaya ke 15 Kabupaten

Paling banyak ke Pacitan

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 3.650 warga Jawa Timur (Jatim) ikut mudik bareng gratis dari Surabaya ke 15 kabupaten/ kota. Para pemudik ini diberangkatkan Gubernur Khofifah Indar Parawansa menggunakan 100 bus dari Frontage Road (FR) Ahmad Yani, Surabaya, Kamis (28/4/2022).

1. Peminat terbanyak rute Surabaya-Pacitan

100 Bus Antarkan 3.650 Warga Jatim Mudik dari Surabaya ke 15 KabupatenProgram mudik gratis yang diberangkatkan hari ini. Dok. Humas Pemprov Jatim

Tercatat peminat terbanyak pemudik adalah rute Surabaya-Pacitan sebanyak 11 bus, Surabaya-Trenggalek sebanyak 10 bus dan Surabaya-Magetan sebanyak 10 bus. Mudik hari ini menjadi kloter kedua. Karena sebelumnya, Khofifah memberangkatkan rombongan mudik, rute Jakarta-Jatim pada 26 April 2022.

"Ada dua hal yang menjadi indikator keberhasilan pelaksanaan Mudik Gratis ini. Yang pertama dan utama adalah aspek keselamatan dengan menurunnya angka kecelakaan selama mudik. Bahkan menjadi zero accident," ujar Khofifah.

2. Mudik bareng kurangi potensi kecelakaan

100 Bus Antarkan 3.650 Warga Jatim Mudik dari Surabaya ke 15 KabupatenProgram mudik gratis yang diberangkatkan hari ini. Dok. Humas Pemprov Jatim

Sebab, lanjut Khofifah, dengan penyediaan angkutan mudik bareng seperti ini, akan jauh mengurangi potensi kecelakaan dibandingkan jika masing-masing pemudik mengendarai kendaraan roda dua atau kendaraan pribadi roda empat. Program ini juga akan mengurangi kepadatan kendaraan saat masa arus mudik.

"Yang kedua yakni aspek ekonomi. Karena sasaran mudik gratis ini ditujukan untuk masyarakat yang secara ekonomi perlu dibantu untuk meringankan beban menjelang Idul Fitri di kampung halaman," kata dia.

Baca Juga: Daftar Posko Mudik di Banyuwangi, Ada Vaksin hingga Tempat Istirahat 

3. Keamanan bus terjamin karena sudah uji emisi

100 Bus Antarkan 3.650 Warga Jatim Mudik dari Surabaya ke 15 KabupatenGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat memberangkatkan mudik gratis dari Jakarta ke Jatim. Dok. Humas Pemprov Jatim.

Khofifah juga memastikan keamanan bus yang digunakan mudik gratis ini. Karena, Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim telah menerapkan uji emisi bagi seluruh armada bus dan juga tes urin bagi driver bus untuk mengantisipasi penggunaan alkohol yang dapat membahayakan para penumpang.

"Kalau drivernya juga sehat para pemudik akan  merasa aman dan selamat sampai tujuan. Selamat merayakan Idul Fitri 1443 H, selamat lebaran," tutupnya.

Baca Juga: Daftar Posko Mudik di Banyuwangi, Ada Vaksin hingga Tempat Istirahat 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya