TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hujan Disertai Angin Kencang Melanda Karangrejo Magetan

Sejumlah pohon tumbang timpa rumah warga

BPBD Magetan tengah menangani dampak bencana cuaca ekstrim, angin kencang disertai hujan lebat. IDN Times/ BPBD Magetan.

Magetan, IDN Times Cuaca ekstrem melanda sejumlah wilayah di Kecamatan Karangrejo, Magetan, Jawa Timur, pada Rabu malam (25/9/2024). Hujan deras disertai angin kencang tak hanya merusak dua swalayan, tetapi juga menumbangkan beberapa pohon yang menyebabkan kerusakan pada rumah warga.

1. Pohon menutup akses jalan Magetan-Ngawi

Menurut Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Eka Wahyudi, salah satu kerusakan paling parah terjadi akibat tumbangnya pohon trembesi besar dengan diameter mencapai 200 cm. Pohon tersebut jatuh dan menutup jalan utama Maospati-Ngawi di Kecamatan Karangrejo, menyebabkan akses transportasi terputus sementara.

"Kejadian ini juga merusak kanopi toko dan beberapa rumah warga. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," ujar Eka.

Berdasarkan data BPBD, setidaknya enam titik terdampak parah akibat angin kencang ini, termasuk di Jalan Desa Manisrejo dan Jalan Raya Taji, Kecamatan Sukomoro. Beberapa jenis pohon seperti lengkeng, mangga, kedondong, dan trembesi tumbang, menghalangi akses jalan utama dan jalan desa.

Baca Juga: Anggota DPRD Magetan Ramai-ramai Gadaikan SK ke Bank

2. BPBD terkendala penerangan dalam penanganan

BPBD Magetan, bersama TNI, Polri, dan warga sekitar, segera turun tangan untuk mengevakuasi pohon tumbang menggunakan chainsaw dan truk. Mereka membersihkan material yang menutup jalan agar akses bisa segera pulih. Namun, proses penanganan pohon trembesi besar yang menimpa rumah warga terpaksa ditunda hingga esok hari karena keterbatasan penerangan dan cuaca yang tidak mendukung.

"Untuk penanganan pohon trembesi yang menimpa rumah, akan dilanjutkan besok pagi," ujar Eka.

Pihak BPBD mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama saat hujan deras dan angin kencang terjadi. Mereka juga meminta warga agar tidak berteduh di bawah pohon atau bangunan yang rentan roboh.

3. Masyarakat diminta melapor

Saat ini, BPBD Magetan bersama instansi terkait seperti TNI, Polri, PLN, Telkom, dan Pemerintah Desa melaporkan bahwa sebagian besar wilayah terdampak telah kembali normal. Masyarakat diimbau untuk segera melapor jika menemukan lokasi yang masih belum tertangani.

"Proses pembersihan dan pendataan kerusakan akan dilanjutkan besok pagi. Akses jalan di sebagian besar lokasi sudah kembali normal," jelas Eka.

BPBD juga berencana mengadakan kerja bakti bersama warga setempat untuk menangani kerusakan yang tersisa.

Baca Juga: Waduk Gonggang Mengering, Petani Magetan Terancam Merugi

Verified Writer

Riyanto

Jangan biarkan rakyat tidak mendapat manfaat apa-apa dari uangnya yang dikelola mereka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya